Di Dua Waktu Ini, Malaikat Tidak Menemani Manusia

0
733

BincangSyariah.Com – Malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang wajib dipercaya oleh manusia, meski tak tertangkap mata dan kamera. Banyak malaikat yang menyertai manusia. Sisi kanan kiri, depan belakang, dan malaikat lain yang sudah menemani manusia sejak  pertama diciptakan Tuhan. Malaikat tidak hanya menemani di dunia saja, ia akan terus menemani manusia di hari kematian, alam kubur hingga hari akhir. Malaikat akan terus hadir untuk mengawasi manusia. Termaktub dalam QS Qaaf ayat 18:

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.

Namun benarkah malaikat terus bersama manusia dalam keadaan apapun?  Tidak adakah waktu sejenak malaikat untuk tidak menemani manusia? Berdasarkan keterangan dalam kitab Targhib wa Tarhib, malaikat tidak menemani manusia dalam dua saja. Yaitu waktu di saat manusia sedang buang air besar dan bersenggama. Dalam waktu tersebut malaikat membiarkan manusia mandiri dengan kesendiriannya. Dalam sebuah hadis disebutkan:

اياكم والتعرى فان معكم من لا يفارقكم الا عند الغا ئظ وحين يفضى الرجل الى أهله فاستحيوهم وأكرموهم

Hindarilah bertelanjang, karena sesungguhnya bersama kalian adalah malaikat yang tidak pernah pisah dari kalian kecuali ketika sedang buang air besar dan ketika seseorang lelaki mendatangi istrinya (bersenggama). Maka merasa malulah kalian kepada mereka dan muliakanah mereka itu

Keterangan tersebut mengabarkan bahwa benar adanya jika malaikat meninggalkan manusia saat dalam dua waktu tersebut, yaitu pada saat buang air besar dan berhubungan intim. Meski demikian, manusia harus tetap menjada etika yang baik dalam dua waktu tersebut. Bukan berarti malaikat sedang tidak menamani manusia menjadi bebas seenaknya saja. Tetap ada adab yang diatur dalam Islam ketika hendak buang air besar dan berhubungan intim dengan kekasih halal.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here