Dewan Fatwa Mesir Keluarkan Fatwa tentang Bermain TikTok

0
190

BincangSyariah.Com – Tiktok merupakan aplikasi yang dibuat oleh pengembang aplikasi di Tiongkok. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk membuat video dengan background music yang bisa kita pilih, meskipun tetap bisa diunggah tanpa musik. Di Indonesia, aplikasi ini sempat dilarang di Indonesia tahun 2018 meskipun sekarang sudah dibuka kembali. Pelarangan waktu itu alasannya adalah karena konten TikTok penuh dengan konten yang mengarah kepada pelecehan terhadap nilai-nilai agama seperti konten pornografi. Meskipun, sifat aplikasinya yang kontennya bergantung pada penggunanya (user-generated content). Maka, ada juga yang menggunakan TikTok untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan atau ilmu-ilmu psikologi.

Berangkat dari latar belakang tersebut, adakah pandangan agama atau sejenis fatwa tentang bermain TikTok? Mengutip situs cairogate.net, dikutip bahwa Lembaga Fatwa Mesir (Dar al-Ifta’ al-Mishriyyah) pernah mengeluarkan fatwa tentang bermain TikTok. Ini didasari oleh viralnya video TikTok yang berisi sketsa mengagetkan orang shalat.

Dar al-Ifta’ al-Mishriyyah menjelaskan bahwa jika aktivitas video TikTok itu tidak mencakup segala sesuatu yang bertentang dengan ajaran Islam dan ketentuan hukum sebuah wilayah, maka tidak ada larangan. Melihat jika aktivitas yang dilakukan dalam TikTok adalah meniru sebagian perilaku seseorang, atau menyindir seseorang, atau berperan menjadi satu tokoh baik dia ada dalam dunia nyata ada atau tidak ada, merupakan bagian dari kesenian yang pada prinsipnya boleh. Apalagi jika ada makna-makna kebaikan atau akhlak yang bisa diambil, atau memiliki nilai kritik yang bagus terhadap persoalan-persoalan di masyarakat.

Membuat aktivitas dengan video TikTok, menurut Dar al-Ifta’, tidak meniscayakan yang membuatnya melakukan yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, semisal membuka aurat, menari-nari yang sampai membuka-buka aurat, bersentuh-sentuhan antara laki-laki dan perempuan, atau yang menimbulkan syahwat. Kalau seperti itu, semuanya haram baik dalam konteks video TikTok atau yang lain misalnya olahraga. Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Enam Syarat Haji dan Umrah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here