Dewan Fatwa Mesir Bolehkan Shalat di Rumah Saat Wabah Melanda

0
4710

BincangSyariah.Com – Dewan Fatwa Mesir/Dar al-Ifta’ al-Mishriyyah di laman fanpage Facebook resminya merilis pernyataan bahwa dibolehkan untuk tidak hadir shalat jumat atau shalat berjamaah di masjid ketika terjadi bencana alam atau ketika mewabahnya penyakit menular. Keduanya dapat dikategorikan sebagai udzur yang dibenarkan syariat. Bahkan hukumnya menjadi wajib jika pihak-pihak yang otoritatif telah menetapkan keberadaan wabah tersebut.

Lebih lanjut, orang yang positif terkena sakit dengan penyakit yang menular atau sejenisnya diharamkan untuk berada di tempat-tempat umum atau transportasi publik. Masjid termasuk dalam kategori ini.

Dasar dari kebolehan ini adalah hadis Rasulullah Saw. tentang tidak bolehnya kita mendatangi tempat yang sedang terkena wabah dan orang yang di dalam tempat tersebut jangan malah meninggalkan tempat itu dengan dalih mencari tempat yang lebih sehat atau baik,

إذا سمعتم به بأرض فلا تقدموا عليه، وإذا وقع بأرض وأنتم بها فلا تخرجوا فرارًا منه

Jika kamu mendengar (ada wabah) di suatu wilayah, maka jangan datang kesana. Dan jika ada wabah di wilayah itu dan kalian di dalamnya, maka kalian jangan keluar dari sana dengan alasan menghindar dari (penyakit) itu

Dewan Fatwa Mesir menjelaskan kalau hadis itu mencakup langkah-langkah preventif untuk menjauhi penyebab-penyebab tertular penyakit. Termasuk di dalamnya, tidak membersamai mereka yang sedang terkena wabah sehingga wabah tidak menyebar kepada yang sehat karena membersamai orang yang sedang terjangkit.

Fenomena wabah ini juga dikategorikan sebagai bencana alam dan termasuk udzur yang dibenarkan syariat. Sehingga diperbolehkan dalam kondisi ini untuk tidak melaksanakan shalat jamaah dulu dan shalat jumat di wilayah-wilayah dengan kondisi positif terdapat wabah (seperti Covid-19). Bahkan, orang yang positif terkena wabah dilarang keras untuk berada di tempat-tempat umum, termasuk ke masjid.

Baca Juga :  Tata-cara Memotong Kuku yang Disunahkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here