Demi Kebaikan Buah Hati, Ini Tips Memilih Stroller yang Awet dan Praktis Dibawa ke Bandara

0
129

BincangSyariah.Com – Banyak pendapat mengatakan kalau anak belum diperbolehkan untuk ke luar rumah sebelum berusia 40 hari. Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan hal tersebut, tapi memang masalah ini cukup banyak dibahas dalam beberapa hadis. Di salah satu hadis disebutkan, “Jika malam telah beranjak maka tahanlah anak-anak kecil kalian karena setan menyebar di waktu itu, jika telah berlalu beberapa lama waktu malam maka lepaskanlah anak kalian.” (HR Bukhari Muslim).

Dalam sebuah fatwa dikatakan “Waktu larangan ini dimulai sejak tenggelamnya matahari hingga masuknya waktu Isya. Jika sudah berlalu waktu larangan ini, tidak mengapa jika anak-anak keluar rumah. Perintah ini mengandung makna anjuran menurut mayoritas ulama (tidak harus) sebagaimana yang dijelaskan oleh sebagian ahli ilmu di antaranya Imam Ibnul Muflih di dalam Al Furu’ dan Imam Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari.” (Fatwa Islam no. 121233). Dalam hal ini dapat disimpulkan, tidak ada larangan dalam Islam mengenai anak bayi tidak boleh keluar sebelum berusia 40 hari.

Dalam perhitungan medis, sang ibu belum pulih benar setelah proses persalinan dalam kurun waktu tersebut. Ditambah lagi, anak bayi yang baru berusia beberapa hari/bulan masih rentan terhadap virus dan penyakit. Jadi, memang harus ekstra hati-hati dalam urusan yang satu ini. Barulah setelah beberapa bulan, Anda bisa membawa anak bayi untuk pergi bahkan ke tempat yang cukup jauh sekalipun.

Untuk urusan ini, para orang tua tetap harus memperhatikan beberapa hal demi keselamatan dan kenyamanan sang bayi, salah satunya yang dianjurkan adalah penggunaan stroller untuk membawa bayi dalam perjalanan. Penggunaan stroller pada praktiknya tidak akan membuat para orang tua repot dengan barang bawaan. Malah, stroller dapat sangat membantu Anda lebih mudah menikmati perjalanan liburan dan si kecil juga nyaman. Untuk memilih stroller yang tepat agar bisa dibawa traveling, jangan lupa perhatikan hal di bawah ini saat memilihnya.

  1. Pastikan Roda Stroller Kuat dan Mudah Digerakkan
Baca Juga :  Tata Cara Mengurus Bayi yang Meninggal Dunia

Fungsi roda stroller harus terbuat dari bahan yang kokoh, karena Anda akan menggunakan stroller ini untuk digunakan di dalam dan di luar ruangan. Jadi, penting untuk dapat memastikan fungsi stroller bisa mengakomodasi keduanya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan stroller mudah digerakkan. Saat harus memutar atau digunakan berbelok, manuvernya harus mengakomodasi gerakan dengan mudah. Biasanya, stroller dengan empat roda akan lebih mudah digunakan dan meminimalisasi risiko tersandung saat berada di ruas jalan.

  1. Pilih Stroller yang Mudah Dilipat

Faktor portabilitas merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat traveling. Terlebih lagi jika Anda harus menggunakan pesawat terbang sebagai moda transportasi liburan. Stroller harus mudah dilipat agar praktis untuk diletakkan ke dalam bagasi.

Untuk mempercepat mobilitas saat tiba di bandara, Anda perlu merencanakan persiapan check-in dan menghitung kelebihan bagasi sebelum berangkat. Jadi, Anda tidak perlu banyak mengantre dan mengurus biaya tambahan saat tiba di bandara. Jika Anda memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Anda bisa langsung buka halaman Garuda web check in dan memilih posisi tempat duduk yang nyaman untuk keluarga, terutama bayi Anda.

  1. Tambahan Fungsi Organizer Bag

Saat bepergian, manfaatkan juga fungsi stroller untuk mempermudah Anda membawa barang-barang si kecil. Biasanya, beberapa jenis stroller lipat tidak dilengkapi dengan organizer bag yang bisa dipakai menyimpan barang-barang penting untuk si kecil. Anda juga harus menambahkan Stroller Handle Extender untuk bisa menyimpan organizer bag tambahan.

  1. Pilih Bahan Stroller yang Ringan

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan cara membawa stroller untuk traveling. Berat ideal stroller berkisar dari 3,5-5 kg. Semakin ringan bobotnya, lebih nyaman untuk dibawa bepergian. Jangan lupa pastikan kualitas material stroller juga kokoh dan stabil ketika dibawa untuk beraktivitas selama liburan.

  1. Bantalan Tempat Duduk yang Nyaman
Baca Juga :  Dosa Pemberontak Pemerintahan yang Sah

Kenyamanan si kecil adalah hal utama yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli stroller. Pertimbangkan material bantalan stroller yang empuk agar anak tidak rewel selama duduk di stroller. Selain itu, sebisa mungkin juga pilih bahan kain pelapis yang lembut dan sejuk agar si kecil merasa nyaman selama duduk di atas stroller.

Jika Anda sudah bisa menemukan fungsi stroller yang tepat, Anda tidak perlu lagi menunda rencana liburan keluarga. Pastikan rencana perjalananmu menyenangkan dengan persiapan yang praktis dan nyaman untuk anak.

Artikel ini bekerjasama dengan traveloka.com



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here