Siapakah Dalang Percobaan Pembunuhan Syekh Ali Jum’ah?

0
248

BincangSyariah.Com – Publik Mesir dikagetkan dengan peristiwa percobaan pembunuhan terhadap mantan Mufti Mesir, Syekh Ali Jum’ah. Peristiwa itu terjadi menjelang Syekh Ali Jum’ah menuju masjid dekat rumahnya untuk melaksanakan shalat Jumat berjamaah pada (05/08/16). Percobaan pembunuhan itu tidak berhasil melukai Syekh Ali Jum’ah.

Hanya saja, petugas keamanan yang berjaga di sekitar rumah Syekh Ali Jum’ah mengalami luka tembak di kakinya. Beberapa sumber media Mesir menyebutkan bahwa dalang percobaan pembunuhan itu dilakukan oleh kelompok Anshar Baitul Maqdis di Semenanjung Sinai yang menyatakan bai’at pada ISIS.

Sebelumnya, pada (04/0816) juru bicara militer Mesir, Brigadir Jenderal Mohamed Samir, menyatakan tewasnya pimpinan Baitul Maqdis, Abu Duaa al-Ansari. Usaha pembunuhan terhadap Syekh Ali Jum’ah merupakan percobaan balas dendam atas kematian pemimpin kelompok ekstrimis ini.

Pasalnya, Syekh Ali Jum’ah merupakan salah satu tokoh dan simbol Islam moderat di Mesir yang “berperang” melawan gerakan ekstrimis di Mesir. Selain itu, sumber lain juga menyebutkan bahwa percobaan pembunuhan tersebut berkaitan dengan kedekatan Syekh Ali Jum’ah dengan Fathullan Gulen yang beberapa waktu silam disebut oleh Erdogan sebagai teroris. Diduga, kelompok Baitul Maqdis di awal pendiriannya, pada 2001, mempunyai hubungan dekat dengan Ikhwanul Muslimin.

Seperti dilansir France24, kelompok ini  eksis melakukan aksi-aksi teror sejak terjadinya Revolusi Mesir pada 2011. Karena letaknya berdekatan dengan Palestina, organisasi ini bukan saja terdiri dari orang-orang Mesir, namun juga orang-orang Palestina. Sebelum bai’at dengan ISIS, Asnhar Baitul Maqdis juga mempunyai hubungan baik dengan al-Qaeda. Apalagi, Ayman al-Zawahiri, yang merupakan kader Ikhwanul Muslimin Mesir, menggantikan posisi Usamah bin Laden. Karenanya, pemerintah Mesir menganggap Anshar Baitul Maqdis ini sebagai gerakan yang membahayakan keamanan Mesir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here