Dalam Hadis, Empat Orang Ini Disunahkan Untuk Diucapkan Salam Lebih Dahulu

0
720

BincangSyariah.Com – Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi umat Islam, ketika berjumpa dengan saudaranya lalu kemudian salah satu di antaranya mengucapkan salam. Menjadi benar sekali perkataan Buya Husein Muhammad bahwa salam itu bukan sekadar ucapan tapi melainkan sebuah kedamaian, kasih sayang, cinta, memberikan rasa aman kepada sesamanya.

Akan tetapi perlu kita ketahui bahwasanya Nabi Muhammad saw memberikan kriteria orang-orang yang diutamakan untuk diucapkan salam lebih dahulu. Rasulullah saw bersabda,

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله عليه قال: ((يسلم الراكب على الماشي, والماشي على القا عد, والقليل على الكثير – متفق عليه. وفي رواية للبخاري, والصغير على الكبير

Dari Abu Hurairah, ra sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: “orang yang sedang berkendara disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang yang berjalan kaki, sedangkan orang yang berjalan kaki disunahkan mengucapakan salam terlebih dahulu kepada orang yang duduk, dan orang yang populasinya sedikit disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang banyak” (HR. Bukhari-Muslim).

Dalam riwayat Imam Bukhari terdapat tambahan redaksi bahwasanya “anak kecil juga disunahkan mengucapakan salam terlebih dahulu kepada orang dewasa.”

Melihat hadis di atas, seolah orang yang menjadi objek pengucapan salam itu tidak memiliki kesunahan untuk memulai salam, padahal pada sejatinya tidak demikian. Boleh saja dalam satu kesempatan keempat objek di atas harus mengucapkan salam terlebih dahulu manakala orang yang berkendara, orang berjalan kaki, orang yang jumlahnya sedikit dan anak kecil itu, sedang dalam keadaan lupa atau ada kesibukan lain.

Hemat penulis, hadis di atas merupakan sebuah adab atau tatakrama sosial yang diajarkan Rasulullah ketika bertemu dengan orang-orang yang dalam keadaan tertentu seperti halnya sabda Rasul di atas. Bukan lantas ketika bertemu dengan orang-orang yang seperti di atas justru kita malah egois dan menganggap mereka yang berhak mengucapkan salam terlebih dahulu. Itu tidak benar. Satu sisi kita harus menoleh kembali bahwasanya manusia yang paling utama di sisi Allah adalah orang terlebih dahulu memulai salam kepada mereka.

Baca Juga :  Khilafah Bukan Syariat Islam (2)

Menurut Imam Muhallab yang dikutip dari kitab Nuzhatul Muttaqin Syarah Riyadus Shalihin menjelaskan bahwasanya kenapa Nabi Muhammad saw mengajarkan kita demikian (kesunahan empat orang mengucapakan salam terlebih dahulu):

Petama, orang yang berkendara disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang yang berjalan kaki agar supaya dirinya tidak merasa congkak dan sombong dengan berkendaranya itu.

Kedua, orang yang berjalan kaki disamakan dengan orang yang mau masuk ke dalam sebuah ruangan. Sehingga orang yang berjalan kaki disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang yang duduk. Baik duduk di pinggir atau duduk di satu majlis.

Ketiga, orang yang sedikit dianjurkan memulai salam terlebih dahulu kepada orang banyak untuk menjaga hak-hak mereka karena hak-hak mereka lebih agung dan lebih mulia secara kuantitas. Hal ini biasanya terjadi kepada seorang mubaligh atau pendakwah.

Keempat, anak kecil diperintahkan untuk selalu menghormati dan merendahkan diri (tawaduk) di hadapan orang tua. Sehingga disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu ketika bertemu dengan orang tua.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here