CRIS dan eBI Luncurkan Situs Tafsiralquran.id dengan Topik Pengarusutamaan Tafsir Moderat di Ruang Digital   

0
57

BincangSyariah.Com Center for Research and Islamic Studies (CRIS) Foundation, lembaga yang bergerak di bidang penelitian Islam bersama el-Bukhari Institute, berhasil menyelenggarakan acara tasyakuran dan launching website tafsiralquran.id dengan tema “Pengarusutamaan Tafsir Moderat di Ruang Digital”. Acara ini berlangsung pada hari Rabu 29 Juli 2020 pukul 15.30 – 18.00 di Zoom Cloud Meeting dengan dihadiri Prof. Quraish Shihab sebagai pembicara utama.

Selain itu, acara ini juga turut mengundang Ahmad Rafiq, Ph.D yang merupakan dosen tafsir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, A. Ginanjar Sya’ban, pakar filologi Nusantara yang juga dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Kalis Mardiasih, penulis dan aktivis Jaringan Gusdurian, dan Habib Husein Ja’far yang merupakan da’i milenial yang aktif di sosial media. Para pembicara ini berbicara dalam bentuk mini talkshow yang dipandu oleh Wildan Imaduddin Muhammad selaku pimpinan redaksi tafsiralquran.id

Tafsiralquran.id diluncurkan sebagai ikhtiar kecil untuk turut andil dalam visi besar membangun peradaban dunia yang islami berbasis tafsir Alquran. Tafsiralquran.id hadir demi melengkapi situs moderat yang telah ada dengan spesifikasi pada topik-topik di seputar Al-Quran termasuk tafsir tematik, tafsir tahlili, Al-Quran dan terjemahnya, dan Kisah Al-Quran. Rubrik-rubrik yang ada di tafsiralquran.id akan terus dikembangkan.

Najih Arromadloni sebagai Penanggung Jawab mengatakan, “kehadiran tafsiralquran.id diharapkan mampu menutupi kekosongan di ruang digital Indonesia terutama agar dapat berjejer dengan website yang lebih dulu ada seperti nu online, islami.co, bincangsyariah, dan lain-lain.”

Acara ini berhasil mengumpulkan ratusan peserta yang mampu bertahan dari awal hingga akhir di ruang Zoom. Selain diselenggarakan via Zoom, peluncuran ini juga disiarkan langsung via Youtube channel Tafsir Alquran ID, juga Youtube channel dengan ribuan penonton 164 Channel PBNU.

Baca Juga :  Jika Engkau tidak Punya Rasa Malu, Berbuatlah Sesukamu!

Sekilas Tentang CRIS

CRIS (Center for Research and Islamic Studies) Foundation adalah sebuah komunitas yang lahir pada bulan November 2012. Ia pada mulanya adalah ajang perkumpulan komunal pemuda-pemudi mahasiswa angkatan 2011-2012 Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya yang pada prosesnya berkembang di lintas fakultas dan kampus. Komunitas ini bergerak di bidang pengembangan dan pemberdayaan mahasiswa. Kegiatannya meliputi kajian lapangan, kajian kepustakaan, pengkajian kitab-kitab kuning, pembedahan buku, pendidikan bermasyarakat, serta pelatihan-pelatihan akademis lainnya

Sekilas Tentang el-Bukhari Institute

el-Bukhari Institute (eBI) merupakan lembaga non profit yang bergerak di bidang pengkajian hadis, penelitian dan pelatihan ilmu hadis.

Kontak Media

Wildan Imaduddin M

Pimpinan Redaksi

E: [email protected]

M: +62857 2024 1812

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here