Ciri-ciri Mental yang Tidak Sehat dalam Perspektif Islam

0
47

BincangSyariah.Com – Bagaimana sebenarnya ciri-ciri mental yang tidak sehat dalam perspektif Islam?

Sebenarnya, mental yang tidak sehat atau sakit dari aspek psikis, sosial, moral religius dan kesehatan fisik, mempunyai ciri yang berkebalikan arah dengan karakteristik mental sehat.

Sebagai misal, secara sosial. Seseorang dengan mental yang tidak sehat akan gagal dalam beradaptasi secara positif dengan lingkungannya. Bisa dikatakan bahwa orang tersebut mengalami gangguan mental.

Gangguan mental atau mental yang sakit meliputi beberapa hal:

Pertama, salah dalam penyesuaian sosial, orang yang mengalami gangguan mental perilakunya bertentangan dengan kelompok di mana dia ada.

Kedua, ada ketidakbahagiaan secara subyektif.

Ketiga, kegagalan beradaptasi dengan lingkungan

Keempat, sebagian penderita gangguan mental menerima pengobatan psikiatris dirumah sakit, namun ada sebagian yang tidak mendapat pengobatan tersebut.

Gangguan mental bisa dikatakan sebagai perilaku abnormal atau perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. Perilaku tersebut bisa berupa pikiran, perasaan, dan tindakan.

Gangguan mental mempunyai titik kunci yakni menurunnya fungsi mental yang berpengaruh pada ketidakwajaran dalam berperilaku.

Gangguan mental sesuai dengan ayat Al-Quran yakni Q.S. AlBaqoroh (2):10 sebagai berikut:

 فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ ٱللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌۢ بِمَا كَانُوا۟ يَكْذِبُونَ

Fī qulụbihim maraḍun fa zādahumullāhu maraā, wa lahum ‘ażābun alīmum bimā kānụ yakżibụn

Artinya: “Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.”

Penyakit yang di maksud dalam ayat ini adalah keyakinan mereka terhadap kebenaran Nabi Muhammad Saw. sangat lemah.

Kelemahan keyakinan tersebutlah yang kemudian menimbulkan kedengkian, iri hati dan dendam terhadap Nabi Muhammad Saw., agama, dan orang-orang Islam.

Dalam Jurnal Syifa Medika Edisi Maret 2013, Ciri-ciri mental yang tidak sehat dipaparkan dalam tujuh poin berikut:

  1. Perasaan tidak nyaman (inadequacy)
  2. Perasaan tidak aman (insecurity)
  3. Kurang memiliki rasa percaya diri (self-confidence)
  4. Kurang memahami diri (self-understanding)
  5. Kurang mendapat kepuasan dalam berhubungan sosial
  6. Ketidakmatangan emosi
  7. Kepribadiannya terganggu

Kesehatan mental dari perspektif Islam adalah suatu kemampuan diri individu dalam mengelola fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian dengan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitarnya secara dinamis.

Penyesuaian diri yang dilakukan berdasarkan Al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman hidup menuju ke kebahagiaan dunia dan akhirat.

Pandangan Islam tentang gangguan jiwa tidak jauh berbeda dengan pandangan para ahli kesehatan mental pada umumnya. (Baca: Ciri-ciri Mental yang Sehat dalam Perspektif Islam)

Peranan agama Islam bisa membantu manusia dalam mengobati jiwanya dan mencegahnya dari gangguan kejiwaan serta membina kodisi kesehatan mental.

Beberapa bentuk ibadah dalam Islam mempunyai efek secara psikis. Proses itulah yang kemudian dikenal dengan psikoterapi melalui amalan ibadah.[]

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here