Ciri-ciri Mental yang Sehat dalam Perspektif Islam

1
37

BincangSyariah.Com – Mental yang sehat membuat seorang manusia mampu menjalani hidup dengan tenang. Kesehatan mental manusia dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan eksternal.

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang seperti sifat, bakat, keturunan dan lain sebagainya.

Sementara itu, faktor eksternal adalah faktor yang berada di luar diri seseorang seperti lingkungan, keluarga.

Faktor luar lain yang memengaruhi kesehatan mental seseorang adalah hukum, politik, sosial budaya, agama, pekerjaan dan sebagainya.

Faktor eksternal yang baik akan menjaga kesehatan mental seseorang. Selain itu, faktor eksternal yang buruk atau tidak baik bisa berpotensi menimbulkan mental tidak sehat.

Lantas, bagaimana karakteristik mental yang sehat?

Dalam buku Kesehatan Mental (1985) karya Zakiyah Daradjat dituliskan bahwa perbedaan antara gangguan jiwa (neurose) dengan penyakit jiwa (psikose) adalah sebagai berikut:

Pertama, neurose masih mengetahui dan merasakan kesukarannya, sebaliknya yang kena psikose tidak.

Kedua, neurose kepribadiannya tidak jauh dari realitas dan masih hidup dalam alam kenyataan pada umumnya.

Maka dari itu, untuk mencapai mental yang sehat diperlukan penyesuaian diri atau self adjustment, sebuah proses untuk memeroleh atau memenuhi kebutuhan (needs satisfaction).

Seseorang dengan mental yang sehat juga mengatasi stres, konflik, frustasi, serta masalahmasalah tertentu dengan cara-cara tertentu.

Seseorang dapat dikatakan memiliki penyesuaian diri yang normal jika dia mampu memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalahnya secara wajar, tidak merugikan diri sendiri dan lingkungannya, serta sesuai dengan norma agama.

Menurut Zakiyah Daradjat, individu yang sehat mentalnya adalah yang mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya, dalam kegiatan-kegiatan yang positif dan konstruktif bagi pengembangan kualitas dirinya.

Pemanfaatan tersebut bisa dipraktikkan dalam kegiatan-kegiatan belajar baik di rumah, sekolah, atau dilingkungan masyarakat, dalam bekerja, dalam berorganisasi, pengembangan hobi, dan berolahraga.

Orang yang sehat mentalnya akan menampilkan perilaku atau respons-responsnya terhadap situasi dalam memenuhi kebutuhan.

Pemenuhan kebutuhan tersebut akan memberikan dampak positif bagi dirinya dan atau orang lain.

Selain itu, seseorang dengan mental yang sehat juga akan berpegaruh positif bagi lingkungan.[] (Baca: Bagaimana Cara Islam Membingkai Kesehatan Mental?)

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here