Cara Nabi Memakai dan Melepas Sandal

0
3181

BincangSyariah.Com – Sandal dan sepatu adalah dua alat pengaman telapak kaki dari kotoran dan benda-benda tajam. Maka, dalam menjalani segala aktifitas di luar rumah, salah satu dari dua benda tersebut tidak akan lupa kita pakai. Lalu bagaimanakah cara Nabi saw. memakai dan melepas sandal atau sepatu?

Berkaitan dengan hal ini, Abu Hurairah r.a. telah meriwayatkan hadis sebagai berikut.

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِذَا انْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ لِتَكُنِ الْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ. (رواه البخاري ومسلم)

Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, “Jika salah satu dari kalian memakai sandal, maka mulailah dengan (kaki) kanan, dan jika melepas sandal maka mulailah dengan (kaki) kiri. Hendaklah yang kanan menjadi yang pertama dipakaikan sandal, dan menjadi yang akhir untuk dilepaskan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut menunjukkan bahwa cara Nabi saw. memakai sandal adalah dimulai dengan kaki kanan kemudian kaki kiri. Sebaliknya jika beliau melepas sandal maka dimulai dengan kaki kiri kemudian mengakhirkan kaki kanan.

Imam Nawawi mengatakan bahwa memulai sesuatu dengan anggota kanan adalah untuk memulai segala sesuatu yang berkaitan dengan kemuliaan. Sedangkan memulai sesuatu dengan anggota kiri adalah untuk kebalikannya yakni seperti masuk ke dalam kamar mandi, melepas sandal, sepatu, keluar dari masjid, untuk istinjak/cebok dan dari semua hal yang kotor/menjijikkan.

Imam Ibnul Arabi juga mengatakan bahwa memulai dan mendahulukan dengan anggota kanan adalah disyariatkan dan disunnahkan dalam semua amal-amal shalih.

Demikianlah keterangan tentang cara Nabi saw. memakai dan melepas sandalnya. Yakni beliau memakainya dengan mendahulukan kaki kanan, dan beliau melepasnya dengan mendahulukan kaki kiri. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Sandal Terkena Najis, Apakah Bisa Suci dengan Digosokkan ke Tanah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here