Cara Merawat Bagian Tubuh yang Diamputasi

0
1676

BincangSyariah.Com – Bagaimana cara merawat bagian tubuh yang telah diamputasi, apakah wajib dirawat seperti jenazah?

Para ulama telah menjelaskan dalam kitab-kitab mereka tentang cara merawat bagian tubuh yang telah diamputasi. Setidaknya, untuk mengurus bagian tubuh yang telah diamputasi ada dua cara, sebagaimana berikut;

Pertama, jika ada bagian tubuh seseorang diamputasi dan sesaat kemudian dia meninggal, maka bagian tubuh yang telah diamputasi tersebut harus dirawat sebagaimana jenazah, yaitu dimandikan, dikafani, dishalati dan dikuburkan.

Kedua, jika setelah diamputasi dia masih hidup, maka bagian tubuh yang diamputasi tersebut hanya cukup dimandikan, dikafani dan dikuburkan, tidak perlu dishalati karena bagian tubuh tersebut tidak disebut jenazah. Sebagian ulama mengatakan, bagian tubuh yang diamputasi tersebut cukup dibungkus dan dikuburkan.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Hasyiyatul Jamal berikut;

وَيُشْتَرَطُ انْفِصَالُهُ مِنْ مَيِّتٍ لِيَخْرُجَ الْمُنْفَصِلُ مِنْ حَيٍّ إذَا وُجِدَ بَعْدَ مَوْتِهِ فَلَا يُصَلَّى عَلَيْهِ وَتُسَنُّ مُوَارَاتُهُ بِخِرْقَةٍ وَدَفْنُهُ نَعَمْ لَوْ أُبِينَ مِنْهُ فَمَاتَ حَالًا كَانَ حُكْمُ الْكُلِّ وَاحِدًا يَجِبُ غَسْلُهُ وَتَكْفِينُهُ وَالصَّلَاةُ عَلَيْهِ وَدَفْنُهُ

“Dan disyaratkan bagian tubuh yang terpotong harus dari mayat agar bisa dikecualikan bagian tubuh yang terpotong dari orang hidup jika ditemukan setelah matinya, maka bagian tubuh tersebut tidak perlu dishalati. Disunahkan membungkusnya dengan kain dan menguburnya. Iya, jika dipotong darinya dan kemudian dia mati seketika, maka semuanya dihukumi satu, yaitu wajib dimandikan, dikafani, dishalati dan dikuburkan.”

Juga disebutkan dalam kitab Hasyiyatul Bujairimi berikut;

فَخَرَجَ الْمُنْفَصِلُ مِنْ حَيٍّ وَلَمْ يَمُتْ عَقِبَهُ إذَا وُجِدَ بَعْدَ مَوْتِهِ فَلَا يُصَلَّى عَلَيْهِ ، وَيُسَنُّ مُوَارَاتُهُ بِخِرْقَةٍ وَدَفْنُهُ

“Maka dikecualikan bagian tubuh yang terpotong dari orang hidup dan tidak mati setelahnya, ketika ditemukan setelah matinya, maka bagian tubuh tersebut tidak dishalatkan. Dan disunahkan membungkusnya dengan kain dan menguburnya.”

Baca Juga :  Inilah Keutamaan Meninggal di Bulan Ramadan

Karena itu, bagian tubuh yang telah diamputasi tidak boleh dibuang atau dibiarkan tanpa dirawat dengan baik. Ia wajib diurus dengan cara disucikan, dibungkus kemudian dikuburkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here