Pakaian Najis Tapi Tidak Diketahui Di Mana Persisnya, Bagaimana Cara Mensucikannya?

1
1931

BincangSyariah.Com – Dalam kondisi tertentu, terkadang pakaian kita terkena cipratan sedikit najis dan kita tidak tahu tempat dan bagian mana dari pakaian tersebut yang terkena najis. Karena tidak tahu, kadang kita hanya mensucikan tempat dan bagian yang kita duga terkena najis. Sebenarnya bagaimana cara mensucikan pakaian najis yang tidak diketahui dalam fiqih? (Pakaian Najis Semua, Bolehkah Shalat Telanjang?)

Jika pakain kita terkena najis, namun kita tidak tahu persis letak dan tempat najis tersebut, maka pakaian tersebut wajib dibasuh semuanya. Pakain tersebut dihukumi suci jika telah dibasuh dan disucikan semuanya. Kita tidak boleh hanya membasuh sebagian tempat yang kita duga terkena najis karena masih ada kemungkinan tempat lain yang terkena najis, bukan tempat yang kita basuh.

Begitu juga ketika sebagian tubuh kita terkena najis namun kita tidak tahu persis letak dan tempat najis tersebut, maka kita wajib membasuh seluruh tubuh kita agar kita bisa memastikan bahwa seluruh tubuh kita terbebas dan bersih dari najis.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Al-Minhajul Qawim berikut;

ولو تنجس بعض بدنه او ثوبه بغير معفو عنه وجهله بان لم يدر محله فيه وجب غسل جميعه لان ما بقي جزء فالاصل بقاء النجاسة فيه

Jika sebagian tubuh seseorang atau pakaiannya terkena najis yang tidak dimaafkan, dan dia tidak tahu letak dan tempat najis tersebut, maka wajib baginya membasuh seluruhya. Hal ini karena bagian yang tersisa satu kesatuan sehingga asalnya tetap ada najis padanya.

Dalam kitab Fathul Wahhab, Syaikh Zakariya Al-Anshari juga mengatakan sebagai berikut;

ولو نجس بعض ثوب وبدن وجهل وجب غسل كله فلو ظن طرفا لم يكف غسله على الصحيح

Baca Juga :  Tiga Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Baik kepada Muslim atau Non-Muslim

Jika sebagian pakaian atau tubuh terkena najis namun tidak diketahui letaknya, maka wajib membasuh seluruhnya. Jika menduga dengan membasuh sebagian saja, maka hal itu tidak cukup (tetap dihukumi najis), menurut pendapat yang shahih. Wallahu a’lam bis shawab.

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum Ustadz, saya izin bertanya,

    Jika kita mengetahui badan/pakaian teman kita terkena najis, tetapi kita tidak tahu lokasi persisnya dimana, lalu kita menyentuh teman kita itu dlm keadaan basah, apa tangan kita ikutan najis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here