Cara Memaksimalkan Pemberian Akal dari Tuhan

0
318

BincangSyariah.Com – Akal merapakan salah satu anugerah terindah dari Sang Pencipta untuk kita semua. Dari akal kita bisa memperhatikan dan menganalisis sesuatu guna mengetahui rahasia-rahasia yang terpendam untuk memperoleh kesimpulan ilmiah dan hikmah yang dapat ditarik dari analisis tersebut. Melalui akal juga, kita bisa menjangkau pemahaman sesuatu yang akhirnya mengantar pada dorongan berakhlak mulia. Kata ‘akal’ dan aneka bentuknya banyak disebut dalam Alquran, ini menunjukkan bahwa akal memliki peranan yang penting dalam sebuah kehidupan.

Berbagai ayat disebutkan oleh-Nya dalam Alquran agar kita bisa menggunakan akal untuk memperhatikan fenomena alam dalam rangka meraih ketakwaan dan pengetahuan. Imam Nawawi dalam karyanya Nashaihul Ibad memaparkan sebuah cara untuk menyempurnakan akal. Beliau menuliskan sebagai berikut:

اكمال العقل اتباع رضوان الله تعالى واجتناب سخطه

Kesempurnaan akal itu dapat diraih dengan cara mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya  

Salah satu cara untuk menyempurnakan akal menurut Imam Nawawi adalah bertakwa kepada-Nya. Bertakwa kepada Allah dalam segala perintah dan larangan-Nya. Allah yang mengajari kita melaui akal tentang apa-apa yang dapat mendatangkan maslahat.

Sebab, andaikan Allah tidak menganugerahkan akal kepada kita, niscaya kita tidak akan mengetahui segala sesuatu. Begitu pun Allah yang mensyariatkan sesuatu atas dasar ilmu-Nya, yang meliputi segala sebab yang dapat menghilangkan mafsadat dan mendatangkan maslahat bagi yang menjalankan syariat-Nya.

Di sinilah penjelasan Imam Nawawi yang sangat menarik, bahwa ketakwaan kepada Allah memang berpengaruh pada pendayagunaan akal kita. Senada dengan pengertian akal yang diutarakan oleh pakar Mesir kenamaan, Abbas Mahmud Al Aqqad bahwa akal itu sebuah anugerah yang memilik potensi untuk mendorong lahirnya budi pekerti dan sanggup menghalangi seseorang untuk melakukan sebuah keburukan. Dengan menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang, secara otomatis akal kita beroperasi secara sempurna dengan sendirinya. Sebagaimana disebutkan dalam Q.S. Al Baqarah ayat 282:

Baca Juga :  Yuk Gabung di Komuji, Alternatif Belajar Islam yang Asik dan Menyenangkan Untuk Anak Muda

وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ وَيُعَلِّمُكُمُ اللَّهُ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here