Cara Memahami Hadis: Perempuan Diciptakan Dari Tulang Rusuk Lelaki, Benarkah?

2
5459

BincangSyariah.Com – Contoh hadis tematik berikutnya adalah perihal penciptaan perempuan diciptakan dari tulang rusuk lelaki. Hingga hari ini masih banyak orang yang beranggapan demikian. Apakah pemahaman itu tepat?

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu harus berdasarkan dalil baik Alquran ataupun hadis.  Benar, di dalam banyak riwayat hadis disebutkan, wanita diciptakan dari tulang rusuk, namun perlu diketahui dalam memahami hadis penciptaan perempuan ini tidak hanya cukup dengan mengandalkan riwayat itu saja, karena banyak riwayat lain yang menjelaskan bahwa perempuan diciptakan bukan dari tulang rusuk akan tetapi perempuan diciptakan “seperti tulang rusuk”.

Berikut ini dua bentuk redaksi hadis yang menjelaskan tentang asal penciptaan perempuan. Untuk riwayat yang pertama dijelas dalam lafaz hakiki atau jelas bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk, yaitu,

المرأة خلقت من ضلع

perempuan diciptakan dari tulang rusuk.

Sedangkan dalam riwayat yang kedua dijelaskan dengan bentuk lafaz tasybih (perumpamaan), yaitu,

المرأة كالضلع

perempuan seperti tulang rusuk.

Lebih jelasnya, dibawah ini penulis sebutkan beberapa hadis terkait dua bentuk redaksi hadis di atas.

Pertama, hadis yang menjelaskan wanita diciptakan  “dari tulang rusuk” al-Mar’atu khuliqat min dhila’in, 

  1. Shahih al-Bukhari

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ

berwasiatlah untuk (memperlakukan baik) kaum wanita. Karena perempuan tercipta dari tulang rusuk. Bagian yang paling bengkok dalam tulang rusuk adalah paling atasnya. Jika kamu ingin meluruskanny, maka kamu akan mematahkannya. Jika kamu membiarkannya, maka ia akan bengkok terus. Karenanya, berwasiatlah untuk memperlakukan baik kaum wanita.

  1. Shahih Muslim
Baca Juga :  Tafsir Al-Infitar 10-19: Salah Kaprah Malaikat Kiraman Katibin

Diri Abu Hurairah berkata, Rasulullah Saw bersabda:

إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ لَنْ تَسْتَقِيمَ لَكَ عَلَى طَرِيقَةٍ فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَبِهَا عِوَجٌ وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا

sesunggunya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Ia tidak akan lurus kepadamu berdasarkan satu arah. Jika kamu memanfaatkannya, maka kamu dapat melakukannya dengan keadaan yang bengkok, sedang jika kamu ingin meluruskannya, kamu akan mematahkannya. Mematahkannya berarti menceraikannya.

  1. Musnad Ahmad

Dari Samurah bin Jundab berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda:

ان المرأة خلقت من ضلع وانك ان ترد إقامة الضلع تكسرها فدارها تعش بها

Sesungguhnya perempuan tercipta dari tulang rusuk. Jika kamu ingin meluruskan tulang rusuk itu, maka berarti mematahkannya, pergauilah dengan lembut, niscaya kamu dapat hidup bersamanya.

Hadis tentang penciptaan perempuran di atas terdapat di dalam beberapa kitab hadis lain yang belum disebutkan, seperti dalam kitab Musnad al-Humaidi, al-Mustakhraj ‘ala Shahih Muslim, Shahih Ibn Hibban, al-Mu’jam al-Ausath karya al-Thabari, al-Mustadrak ‘ala al-Shahihain karya al-Hakim, Sunan al-Darimi, dan al-Sunan al-Kubra karya al-Nasai.

Ali Mustafa Yaqub menjelaskan, semua riwayat hadis di atas mensinyalir bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk, sehingga beberapa orang memahami asal unsur penciptaan wanita adalah dari bahan bernama tulang rusuk, karena tidak ada tulang rusuk yang sudah diciptakan tatkala itu selain tulang rusuk Adam Alaihissalam, lalu muncullah pemahaman bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk lelaki atau pasangannya masing-masing.

Setelah diketahui ternyata komposisi tulang rusuk lelaki tetap utuh, tidak ada yang kurang, maka riwayat-riwayat di ataspun mengandung masalah dalam pemahaman, terutama bagi mereka yang memahami riwayat-riwayat tersebut tanpa melihat riwayat yang lain, yang justru sebenarnya riwayat-riwayat yang lain itu menjelaskan maksud dari riwayat yang pertama di atas.  Berikut ini riwayat lainnya.

Baca Juga :  Cara Memahami Majas dalam Hadis "Zainab Ra. Si Panjang Tangan"

Kedua, riwayat hadis tentang wanita diciptakan “seperti tulang rusuk” (al-Mar’atu ka ad-dhila’in)

  1. Shahih al-Bukhari

Dari Abu Hurairah bahwa rasululla Saw bersabda:

الْمَرْأَةُ كَالضِّلَعِ إِنْ أَقَمْتَهَا كَسَرْتَهَا وَإِنْ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيهَا عِوَجٌ

Perempuan itu seperti tulang rusuk. Jika kamu meluruskannya, kamu akan mematahkannya. Jika kamu mau memanfaatkannya, kamu dapat melakukannya dalam keadaan yang bengkok. 

  1. Shahih Muslim

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda:

إِنَّ الْمَرْأَةَ كَالضِّلَعِ إِذَا ذَهَبْتَ تُقِيمُهَا كَسَرْتَهَا وَإِنْ تَرَكْتَهَا اسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيهَا عِوَجٌ

Sesungguhnya perempuan itu seperti tulang rusuk. Apabila kamu ingin meluruskannya, kamu akan mematahkannya. Jika kamu membiarkannya, kamu dapat memanfaatkannya dengan keadaan yang bengkok.

  1. Sunan al-Tirmidzi

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda:

إِنَّ الْمَرْأَةَ كَالضِّلَعِ إِذَا ذَهَبْتَ تُقِيمُهَا كَسَرْتَهَا وَإِنْ تَرَكْتَهَا اسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيهَا عِوَجٌ

Sesungguhnya perempuan itu seperti tulang rusuk. Apabila kamu ingin meluruskannya, kamu akan mematahkannya. Jika kamu membiarkannya, kamu dapat memanfaatkannya dengan keadaan yang bengkok.

Begitu pula dengan riwayat yang kedua ini, ia terdapat di dalam berbagai kitab lainnya seperti dalam, Musnad al-Imam Ishaq bin Rahawaih, Musnad Imam Ahmad, Shahih Ibn Hibban, al-Mu’jam al-Kabir karya al-Thabrani, dan Al-Mu’jam al-Ausath karya al-Thabari.

Dari beberapa riwayat yang telah disebutkan di atas, maka melalui riwayat yang kedua ini jelas, bahwa wanita tidaklah diciptakan dari bahan bernama tulang rusuk, melainkan ia tercipta dengan karakter seperti halnya tulang rusuk. Dalam sebuah kaidah disebutkan

“الواضح يبين غير الواضح”

“kalimat yang jelas menjelaskan kalimat yang tidak jelas”.

Dalam hal ini riwayat hadis yang pertama yang belum jelas maksud dan maknanya maka dipahami melalui riwayat yang kedua yang sudah jelas maknanya. Maka dapat dipahami setelah melakukan Jam’u al-Riawayah al-Hadis  mengumpulkan semua riwayat hadis yang satu tema.

Baca Juga :  Kritik Jasser Audah Terhadap Ahli Hadis dalam Mengatasi Kontradiksi Dalil

Maksud hadis  “sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, dijelaskan oleh riwayat yang lain “sesungguhnya wanita itu seperti tulang rusuk”. Maksudnya wanita diciptakan seperti halnnya sifat tulang rusuk. Bila riwayat yang pertama dipahami begitu saja tentu akan bertentangan dengan realita karena tidak ada satupun lelaki yang tulang rusuknya berkurang.

Beginilah memahami hadis asal penciptaan wanita dengan cara hadis tematik (al-Hadits al-Maudhu’i) hadis yang pertama dijelaskan maknanya oleh riwayat hadis yang lain karena bila tidak maka akan tejadi kekeliruan dalam pemahaman.

2 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum.. Iya ya.. Klo wanita diciptakan dari tulang rusuk laki2, bagaimana dgn yg poligami? rusuknya dibagi2? Bagaimana dgn yg bercerai, ternyata rusuknya g cocok? Sejauh mn do’a bs/tdk bs memengaruhi jodoh dari Allah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here