Cara Kita Meyakini bahwa Allah swt. itu Esa

0
93

BincangSyariah.Com – Al-Wahdaniyah atau esa adalah salah satu sifat dari dua puluh sifat wajib Allah swt. Lalu bagaimana cara kita meyakini bahwa Allah swt. itu esa?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman atau meyakini bahwa Allah swt. itu esa adalah sebagai berikut.

هو ان نعتقد ان الله تعالى واحد ليس له شريك ولانظير ولامماثل ولاضد ولامعاند

Yakni kita meyakini bahwa Allah swt. itu esa, tidak ada sekutu bagiNya, tidak ada mitra/partner, tidak yang menyamaiNya, tidak ada lawan, serta tidak ada oposisi/penentang (bagiNya).

Berdasarkan keterangan Syekh Thahir tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Kita wajib meyakini bahwa Allah swt. itu Maha Esa. Karena jika Tuhan itu dua, maka sudah pastilah hancur bumi ini disebabkan perdebatan antara keduanya.
  2. Allah swt. itu tidak mempunyai sekutu. Yakni Dia tidak ada yang mempunyai dan tidak butuh adanya rekan untuk menciptakan seluruh alam ini.
  3. Allah swt. itu tidak mempunyai mitra atau partner untuk membantuNya mengontrol seluruh alam ini.
  4. Allah swt. itu tidak mempunyai kembaran yang sama persis denganNya untuk dapat menjalankan seluruh alam ini.
  5. Allah swt. juga tidak punya lawan atau saingan sebagai Tuhan yang menguasai alam ini.
  6. Allah swt. tidak punya oposisi atau penentang atas segala kuasaNya.

Adapun dalil-dalil keesaan Allah swt. adalah sebagai berikut.

وَقَالَ اللّٰهُ لَا تَتَّخِذُوْٓا اِلٰهَيْنِ اثْنَيْنِۚ اِنَّمَا هُوَ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَاِيَّايَ فَارْهَبُوْنِ

Dan Allah berfirman, “Janganlah kamu menyembah dua tuhan; hanyalah Dia Tuhan Yang Maha Esa. Maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut.”(Q.S. An-Nahl: 51)

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ ثَالِثُ ثَلٰثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ اِلٰهٍ اِلَّآ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ ۗوَاِنْ لَّمْ يَنْتَهُوْا عَمَّا يَقُوْلُوْنَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Baca Juga :  Tidak Ada Kata Terlambat untuk Bertobat

Sungguh, telah kafir orang-orang yang mengatakan, bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga, padahal tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa azab yang pedih. (Q.S. Al-Ma’idah: 73)

لَوْ كَانَ فِيْهِمَآ اٰلِهَةٌ اِلَّا اللّٰهُ لَفَسَدَتَاۚ فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُوْنَ

Seandainya pada keduanya (di langit dan di bumi) ada tuhan-tuhan selain Allah, tentu keduanya telah binasa. Mahasuci Allah yang memiliki ‘Arsy, dari apa yang mereka sifatkan. (Q.S. Al-Anbiya’ 22)

Demikianlah cara kita meyakini bahwa Allah swt. itu Esa. Tidak ada sekutu, mitra, partner, musuh, dan penentang bagiNya. Karena jika Allah swt. seperti itu, niscaya tidak akan ada alam raya ini, tidak mungkin tercipta dunia dan seisinya ini. Dan seandainya Allah swt. itu tidak esa, maka niscaya Allah swt. memiliki teman dan partner untuk membantuNya, dan hal ini sangat mustahil bagiNya karena Allah swt. itu Maha Kuasa dan tidak berbilang seperti makhlukNya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here