Buya Syakur Yasin: Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan

0
969

BincangSyariah.Com – Buya Syakur Yasin, ulama kenamaan yang tinggal di Indramayu, Jawa Barat, yang belakangan semakin mengemuka lewat kanal Youtube-nya, Wamimma TV, mengemukan kritiknya terhadap orang yang menganggap bahwa shalat hanyalah ibadah murni sehingga yang dikejar adalah ketakwaan pribadi belaka. Padahal, menurut Buya Syakur Yasin, ada sekian penjelasan kenapa Allah menyuruh kita shalat.

Menurut Buya Syakur, pesan luhur dari ibadah shalat diantaranya ada yang terkait dengan kesehatan. “Saya kalau ke Jakarta atau ke kota-kota lain, pasti menyempatkan mampir ke toko buku. Saya pernah mampir suatu ketika ke toko buku Gramedia di Salemba, Jakarta Timur. Lalu, saya temukan buku bergambar telapak kaki. Buku itu ternyata tentang refleksiologi. Dari buku itu, saya jadi mengetahui bahwa ternyata semua syaraf yang ada di kepala, badan, tangan, itu seluruhnya berakhir di telapak kaki.”

Lanjut buya Syakur, ia kemudian mempelajari buku tersebut. Beliau kemudian memahami, bukankah gerakan kita shalat juga banyak berkaitan dengan gerakan yang menyehatkan syaraf termasuk yang berada di telapak kaki. Misalnya, saat seseorang duduk diantara dua sujud, kaki sebelah kiri ditidurkan dengan telapaknya menghadap ke atas.

Lalu betis bagian depan menduduki telapak kaki sebelah kiri tersebut seraya menekuk jari kakinya sehingga telapaknya menghadap ke depan (atau ke timur, karena shalatnya menghadap ke barat).

“Itu kan sebenarnya mirip dengan gerakan senam ringan. Luar Biasa, disamping punggung kita juga sehat misalnya, lewat gerakan rukuk itu. Tapi jangan berkata kalau Buya Syakur kalau shalat itu sebenarnya sama dengan senam ya, Tapi di dalam shalat ada unsur-unsur yang seperti senam ringan.” tegas Buya Syakur.

Baca Juga :  Apakah Orang yang Setengah Gila Tetap Wajib Shalat ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here