Buku Kiat Sukses Ramadan ala Rasulullah Dibedah di UIN Jakarta

0
120

BincangSyariah.Com – Kamis (23/5), BincangSyariah dan Islami.co bekerja sama dengan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Jakarta mengadakan bedah buku yang bertajuk “Kiat Sukses Ramadan Ala Rasulullah SAW”. Buku itu dikarang oleh Saepul Anwar, S.S.I., Lc. yang juga merupakan pengajar di Fakultas Dirasat Islamiyah.

Buku ini awalnya merupakan kumpulan artikel beliau yang mengan tema Ramadan. Penulis menuturkan dalam proses menulis buku ini ia  juga membandingkan kegiatan saat Ramadan antara Indonesia dan Maroko, tempat ia menempuh pendidikan magister dan doktoral.

Buku ini mengangkat hadis-hadis nabawi dengan persentase 80% hadis shohih dan 20% hadis dhoif namun tidak sampai mencapai kategori awham (keliru). Hadis-hadis dhoif yang diangkatpun hanya hadis yang berkaitan dengan fadhoilul a’maal (keutaman-keutamaan amal). Sesuai judulnya, buku ini berisi tentang trik untuk mencapai kesuksesan dalam beribadah pada bulan Ramadan. Selain itu penulis juga mengangkat tentang hikmah-hikmah dari kewajiban dan beberapa ibadah dalam bulan Ramadan.

Menurut penuturannya, Ramadan menjadi langkah awal setiap hamba juga langkah penentu untuk menentukan bagaimana ibadah kita pada bulan-bulan selanjutnya. Sangat disayangkan, Ramadan hanya menjadi bulan yang terlewati begitu saja. Atau ibadah yang rajin dilaksanakan saat bulan Ramadan tidak dilanjutkan pada bulan berikutnya. Setiap dari kita tidak justru menjaga konsistensi ibadaha yang telah dilakukan saat Ramadan.

Penulis juga menerangkan bahwa bagaimana Rasulullah sangat tidak menyukai ibadah yang berlebihan sampai menyiksa diri seorang hamba. Hingga pernah suatu hari beliau menegur seorang perempuan yang melakukan zikir berlebihan hingga melupakan kewajiban yang lain. Rasulullah lebih menyukai ibadah yang konsisten meskipun sedikit.

Dalam penulisan buku ini, penulis menggunakan penyusunan judul dengan sistem tematik. Misalnya adalah. Misal, pada judul tulisan pertamanya penulis mengangkat judul “Keistimewaan Ramadan di Mata Nabi SAW dan Cara Beliau Mengisinya” kemudian diikuti dengan artikel yang berjudul “Cara Nabi Menentukan Awal dan Akhir Puasa Ramadan Serta Menentukan Awal dan Akhir Puasa Ramadan sert hikmah di Baliknya” kemudian diakhiri dengan tulisan yang berjudul “Cara Nabi SAW Melepas Kepergian Ramadan”.

Baca Juga :  Dalam Situasi Ini Dianjurkan Berhenti Zikir Sejenak

Saepul Anwar, selaku penulis buku ini berharap agar buku menjadi motivasi setiap orang untuk terus meningkaktkan semangat beribadah dan menjaga konsistensi beribadah untuk bulan-bulan selanjutnya. Dengan mengetahui keistimewaan dan kiat-kiat menuju sukses dalam beribadah yang telah diajarkan oleh Rasulullah semoga menjadi jalan bagi siapapun untuk menjadi hamba yang lebih baik.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here