Apakah Boleh Wudhu dari Bejana Milik Non-Muslim?

1
1552

BincangSyariah.Com – Indonesia memiliki banyak keragaman suku, budaya, tradisi, ras, dan juga agama. Islam bukan satu-satunya agama di Indonesia, tapi ada juga agama-agama lain seperti Kristen, Budha, Katolik, Hindu, Konghucu, dan penganut kepercayaan lainnya. Karena itu, banyak dijumpai sebagian muslim ada yang tinggal dengan penganut agama lainnya bahkan ada yang berkerabat. Jika suatu saat orang muslim wudhu dari bejana atau kamar mandi non-muslim, apakah hal itu boleh dan sah?

Wudhu dari tempat, bejana dan kamar mandi non-muslim hukumnya boleh dan sah selama air dan tempat tersebut secara lahir suci. Tempat dan air milik non-muslim tetap dihukumi suci hingga tampak nyata najisnya, bukan hanya dugaan kuat saja. Jika sudah terlihat jelas najisnya, maka dihukumi najis tidak boleh digunakan untuk wudhu. (Lima Kondisi Dianjurkan Memperbarui Wudhu)

Hal ini sebagaimana kaidah yang disebutkan dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

قاعدة وهي أن ما أصله الطهارة وغلب على الظن تنجسه لغلبة النجاسة في مثله فيه قولان معروفان بقولي الأصل والظاهر أو الغالب أرجحهما أنه طاهر

(Kaidah) yaitu setiap sesuatu yang asalnya suci dan ada dugaan najis karena pada umumnya sesuatu seperti itu najis, di sini ada dua pendapat yang terkenal dengan mengikuti dua kaidah asal. Namun yang jelas atau yang menang dari dua pendapat tersebut adalah sesuatu tadi dihukumi suci.

Selain itu, terdapat sebuah hadis yang menceritakan bahwa Nabi Saw dan para sahabatnya pernah wudhu dari bejana non-muslim. Ini menunjukkan bahwa wudhu di tempat, bejana, dan kamar milik non-muslim hukumnya boleh dan sah selama tidak ada najis.

Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari ‘Imran bin Hushain, dia berkisah;

أَنَّ النَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – وَأَصْحَابَهُ تَوَضَّئُوا مِنْ مَزَادَةِ امْرَأَةٍ مُشْرِكَةٍ

Rasulullah Saw bersama para sahabatnya berwudhu dengan air dari bejana perempuan musyrik.

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here