BincangSyariah.Com – Hewan yang bisa digunakan untuk kurban, maka juga bisa digunakan untuk akikah. Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa ada tiga jenis hewan yang bisa digunakan untuk kurban dan akikah, yaitu hewan yang disebut dengan an’am atau hewan ternak; unta, sapi dan kambing. Selain tiga jenis hewan tersebut, maka tidak boleh digunakan untuk kurban dan akikah.

Sudah lazim diketahui bahwa sapi atau unta bisa digunakan untuk kurban tujuh orang, sementara kambing untuk satu orang. Namun bagaimana jika sapi digunakan untuk akikah tujuh orang anak, apakah boleh?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita tidak akan menemukan teks Alquran atau hadis Nabi Saw. yang menegaskan secara langsung kebolehan atau larangannya. Namun begitu, para ulama telah membahas masalah ini dalam kitab-kitab fiqih mereka.

Di antaranya adalah Syaikh Wahbah Azzuhaili dalam kitabnya Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu, dengan tegas beliau mengatakan kebolehan akikah dengan satu sapi untuk tujuh orang anak. Hal ini karena satu ekor kambing sama dengan 1/7 dari satu sapi, sehingga satu sapi bisa digunakan untuk tujuh orang anak.

وكالشاة سبع بدنة او بقرة فلو ذبح بدنة او بقرة عن سبعة اولاد جاز

“Ukuran satu ekor kambing sama dengan 1/7 dari satu unta atau sapi. Dengan demikian, jika seseorang menyembelih satu unta atau sapi untuk akikah tujuh orang anak, maka hukumnya boleh.”

Begitu pula Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu’ Syarhul Muhadzab, membolehkan satu sapi digunakan untuk akikah tujuh orang anak. Bahkan menurut beliau, boleh juga satu sapi digunakan untuk tujuh orang dengan niat dan tujuan yang berbeda.

Misalnya menyembelih satu sapi untuk tujuh orang dengan niat yang berbeda, tiga orang berniat untuk akikah, dan lainnya berniat untuk berkurban atau membayar kafarat.

Baca Juga :  Tiga Indikator Penilaian Perbuatan Bid’ah Menurut K.H. Hasyim Asy’ari

لَوْ ذَبَحَ بَقَرَةً أَوْ بَدَنَةً عَنْ سَبْعَةِ أَوْلَادٍ أَوْ اشْتَرَكَ فِيهَا جَمَاعَةٌ جَازَ سَوَاءٌ أَرَادُوا كُلُّهُمْ الْعَقِيقَةَ أَوْ بَعْضُهُمْ الْعَقِيقَةَ وَبَعْضُهُمْ اللَّحْمَ كَمَا سَبَقَ فِي الْاُضْحِيَّةِ

“Jika seseorang menyembelih sapi atau unta untuk tujuh anak atau adanya keterlibatan sekelompok  orang dalam hal sapi atau unta tersebut, maka hukumnya boleh, baik semua maupun sebagian dari mereka berniat untuk akikah, sementara sebagian yang lain berniat untuk mengambil dagingnya saja, sebagaimana telah dijelaskan dalam masalah kurban.”

Dengan demikian, bagi orang tua yang belum melakukan akikah untuk anaknya, maka sebaiknya jika sudah mampu agar segera mengakikahi anak tersebut walaupun sudah dewasa. Jika anaknya sudah mencapai tujuh, maka cukup dengan menyembelih satu sapi saja untuk akikah tujuh anak tersebut.

2 KOMENTAR

  1. Bagaimna kalau anak 4 semua nya laki2? Apakah bisa 1 ekor sapi saja atau ditambah 1 ekor kambing? Dan boleh kah mengakikah diri sendiri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here