Bolehkah Menikahi Wanita Karena Kecantikannya?

0
1291

BincangSyariah.Com – Pernikahan adalah salah satu tema yang menarik untuk diperbincangkan. Bukan hanya karena menikah adalah salah satu hajat manusia yang asasi, namun juga karena menyangkut satu kesatuan luhur yang bernama rumah tangga. Sebuah rumah yang apabila tangganya tidak benar, maka keutuhan rumahnya akan retak. Begitu pula dengan awal pernikahan yang hanya berlandaskan dengan hawa nafsu semata, maka yang akan tercipta adalah rumah tangga yang menenangkan hati.

Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk tidak membujang, sebab dalam menikah mengandung manfaat yang banyak. Sebagaimana dikutip dalam QS Ar Rum ayat 21 adalah sebagai berikut:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Ayat tersebut mengkisahkan sebuah kekuasaan Allah yang mampu menciptakan manusia berpasangan sehingga bisa mendapatkan ketenangan, ketentraman, dan kasih sayang. Hal tersebut diberikan kepada siapa saja yang bisa mengambil pelajaran. Pernikahan yang sakinah mawaddah wa rahamah adalah merupakan tujuan dari pernikahan sekaligus nikmat dari Allah, bukan semboyan belaka.

Pernikahan tidak hanya persoalan bertemunya seseorang pada pandangan pertama, melainkan harus menentukan kriteria pasangan yang tepat. Tanpa pemilihan pasangan yang cermat, akan sulit mencapai kondisi rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Haruskah takluk dengan wanita cantik tanpa memikirkan hal penting lainnya? Contoh perihal nasab dan agamanya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah melarang ummatnya untuk menikah hanya karena melihat kecantikan semata. Sabda beliau:

Baca Juga :  BincangSyariah Salah Satu Inisiasi Acara Temu Pengelola Website Keislaman

لا تزوجوا النساء لحسنهن فعسى حسنهن يرديهن

Janganlah kalian menikahi perempuan karena kecantkannya, karena kecantikan itu bisa saja menghancurkan dirinya

Keterangan hadis tersebut mengingatkan bahwa kriteria utama dalam memilih pasangan adalah tidak semata karena parasnya. Bukannya semua kecantikan akan hilang  pada waktunya? Nabi berpesan agar memilih wanita yang bagus agamanya, bukan sekedar bagus parasnya. Kalau hanya sekedar menikah karena kecantikannya, niscaya akan merugi di kemudian hari.

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here