Bolehkah Menerima Bantuan dari Non-Muslim untuk Pembangunan Masjid

0
430

BincangSyariah.Com – Indonesia adalah negara yang ber-Bhineka Tunggal Ika, meski berbeda tapi tetap satu tujuan. Dihuni oleh penduduk yang memiliki agama yang berbbeda-beda, bahkan suku, bahasa, dan warna kulit. Sikap saling menghargai perbedaan sangat dijunjung di negeri ini. Saling bergotong royong dan membantu sudah melekat pada sikap masyarakat Indonesia. Seringkali bahkan dalam urusan beragama. Misal, pembangunan masjid.

Saat pembagunan masjid dilakukan, selain masyarakat muslim berbondong-bondong untuk membangun, menyisihkan hartanya, ada juga masyarakat non-Muslim yang turut membantu dengan menyumbangkan hartanya. Bukan masalah diterima atau tidak di sisi Tuhan, melainkan bolehkah masyarakat muslim menerima bantuan dari non-muslim untuk pembangunan tempat ibadah?

Syekh Musthofa Al-Maraghi seorang ulama kontemporer yang terkenal dengan kitab tafsirnya yang juga dinamai dengan Tafsir Al-Maraghi, menjelaskan persoalan ini,

و للمسلمين ان يقبلوا من الكافر مسجدا بناه كافر او صبي ببنائه او ترميمه اذا لم يكن ضرار دينيّ و لا سياسيّ كما لو عرض اليهودي الآن على المسلمين ان يعمروا المسجد الاقصى بترميم ما ان قد تداعى من بنائه او بذلوا لذلك مالا لم يقبل منهم لانهم يطمعون في الاستلاء على هذا المسجد فربما جعلوا ذريعة لادعاء حق لهم فيه

Orang Islam diperbolehkan menerima pemberian masjid dari orang kafir atau dari anak kecil berupa pembangunan atau perehaban. Hal itu jika tidak berdampak negatif pada agama dan tidak ada unsur politik semisal berupa perbaikan/perehaban masjid al-Aqsho yang butuh untuk direhab, atau memberi uang untuk perehaban, maka orang Islam tidak boleh menerima, sebab mereka mengharapkan agar bisa menguasai masjid. (Tafsir al-Maraghi, j. 4 h. 75)

Telah diterangkan bahwasanya umat muslim hanya diperbolehkan menerima bantuan dari non-muslim jika diyakini tidak ada unsur politik di dalamnya dan kekhawatiran akan penguasaan non-muslim terhadap masjid tersebut. Seyogyanya untuk mendahulukan bantuan dari umat muslim sendiri.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here