Bolehkah Mencari Jodoh Melalui Media Sosial?

0
26

BincangSyariah.Com – Saat ini, banyak seseorang yang mencari jodoh melalui media sosial , seperti Instagram, Facebook, Whatshap, Email, dan lainnya. Hasilnya pun beragam, ada yang berbuah manis sampai menikah dan sesuai harapan, namun tak jarang yang berakhir kecewa dan tidak sesuai keinginan dan harapan. Dalam Islam, apakah boleh mencari jodoh melalui media sosial?

Mencari jodoh lewat media sosial hukumnya boleh bila hal itu diperlukan. Tidak masalah bagi seorang laki-laki dan perempuan melakukan pendekatan atau ta’aruf melalui media sosial. Asal dengan tujuan baik dan tulus untuk menikah, maka mencari jodoh dengan menggunakan cara konvensional maupun cara modern seperti media sosial hukumnya diperbolehkan.

Meski boleh, namun mencari jodoh lewat media sosial hanya sebatas pengantar pengenalan saja. Setelah kenal, agar tidak kecewa, maka dalam Islam sangat dianjurkan bagi pihak laki-laki untuk segera melihat calon pasangannya secara langsung dan kemudian meminangnya pada orang tuanya.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah Saw menyuruh Mughirah bin Syu’bah untuk melihat calonnya secara langsung. Dengan melihat secara langsung, bukan hanya melihat melalui media sosial, maka kedua belah pihak akan lebih mantap dan lebih yakin untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim berikut;

عَنِ اْلمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ اَنَّهُ خَطَبَ امْرَأَةً فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: اُنْظُرْ اِلَيْهَا فَاِنَّهُ اَحْرَى اَنْ يُؤْدَمَ بَيْنَكُمَا

Dari Mughirah bin Syu’bah, sesungguhnya ia pernah meminang seorang perempuan. Lalu Nabi Saw bersabda; Lihatlah dia, karena sesungguhnya hal itu lebih menjamin untuk melangsungkan hubungan kamu berdua.

Dalam hadis lain riwayat Imam Ahmad dan Abu Dawud, juga disebutkan sebagai berikut;

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: اِذَا خَطَبَ اَحَدُكُمُ اْلمَرْأَةَ فَقَدَرَ اَنْ يَرَى مِنْهَا بَعْضَ مَا يَدْعُوْهُ اِلَى نِكَاحِهَا فَلْيَفْعَلْ

Dari Jabir, ia berkata: Aku pernah mendengar Nabi Saw bersabda; Apabila salah seorang di antara kalian meminang seorang perempuan kemudian ia dapat melihat sebagian apa yang (bisa) mendorongnya untuk menikahinya, maka kerjakanlah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here