Bolehkah Membasmi Tikus dan Semut Dengan Air Panas?

0
911

BincangSyariah.Com – Tikus adalah salah satu binatang jahat yang boleh dibunuh. Mungkin setiapkali kita melihatnya, kita akan merasa jengkel dan berhasrat untuk membunuhnya. Keberadaan tikus memang menimbulkan banyak masalah besar. Terutama kencing tikus, didalamnya mengandung virus yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Belum lagi jika tingkah nakal tikus yang sering merusak perabotan rumah dan barang mahal lainnya. Beberapa faktor itulah yang menyebabkan banyak orang dengan sengaja membunuh binatang tersebut.

Begitupun dengan semut, hewan kecil yang memiliki ukuran tubuh kecil namun kakinta mampu membawa 50 kali lebih berat dibandingkan ukuran badannya. Senut juga memiliki koloni yang dapat berkumbung belasan hingga eibuan kali dari jumlah sebelumnya. Hal inilah yang cukup mengganggu ketika semut bersarang di dalam rumah atau tempat-tempat yang tak diinginkan. Menurut Imam Nawawi, membunuh hewan yang keluarnya hanya mengganggu dan membuat kerusakan itu diperbolehkan. Termasuk keberadaan semut yang sangat mengganggu keberaaan tanaman dan juga barang lainnya.

Membasmi kedua hewan tersebut boleh hukumnya, asal dilakukan dengan cara yang tidak menyakitkan. Mengapa demikian? Coba kita renungi dengan seksama hadis Nabi di bawah ini:

عَنْ رَسُوْلِ اللهِﷺ قَالَ: إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ

“Dari Rasulullah SAW, ia bersabda, ‘Sungguh Allah mewajibkan berbuat ihsan (berbuat baik) kepada apa pun. Maka jika kalian membunuh, maka lakukan dengan cara yang baik. Bila kalian menyembelih binatang, maka lakukan dengan cara yang baik. Hendaknya seorang dari kalian menajamkan alat sembelihnya sehingga bisa meringankan sembelihannya,” (HR Muslim).

Hadis tersebut mengungkapkan bahwa untuk membasmi binatang pun perlu cara yang baik, tidak asal membasmi saja. Begitupun dengan cara kita membasmi hewan yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, yaitu tikus dan semut. Bagaimana dengan menyiramnya langsung dengan air panas?  Ibnu Hajar Al-‘Asqalani menjelaskan dalam kitab Fathul Bari memaparkan:

Baca Juga :  Marak Sinetron Azab, Bagaimana Hukum Menontonnya?

وَفِيْهِ كَرَاهَةُ قَتْلِ مِثْلِ الْبُرْغُوْثِ بِالنَّارِ

Dalam hadits ini terdapat hukum makruh membunuh binatang sejenis nyamuk dengan memakai api”

Sangat tidak dianjurkan untuk membunuh binatang dengan api, karena sifatnya yang panas dan terbilang menyiksa secara langsung. Dengan begitu, membasmi tikus dan semut dengan air panas hukumnya makruh atau tidak dianjurkan. Jika benar ingin membasminya, carilah cara yang lebih baik sebagaimana Rasulullah mengajarkan cara untuk membunuh hewan dengan cara yang baik. Membasmi tikus dan semut bisa dilakukan dengan banyak cara. Sehingga menggunakan air panas terbilang sebagai cara pembasmian yang tidak baik untuk tikus dan semut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here