Bolehkah Memakai Pakain Ihram Selain Warna Putih?

0
1309

BincangSyariah.Com – Ihram adalah keadaan seseorang yang telah berniat melakukan ibadah haji atau umrah. Pada saat melaksanakan ihram haji atau umrah dianjurkan untuk menggunakan pakaian ihram berwarna putih. Jarang dijumpai orang yang melaksanakan ihram menggunakan pakaian selain warna putih. Namun bagaimana jika menggunakan pakaian ihram selain warna putih, apakah boleh?

Pakain ihram bagi laki-laki terdiri dua jenis, yaitu izar dan rida’. Izar adalah pakain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah, sedangkan rida’ adalah pakaian bagian atas atau pakain yang diselendangkan. Sementara pakain ihram bagi perempuan adalah kain yang menutup seluruh badannya kecuali wajah dan telapak tangan.

Pakain atau kain yang digunakan untuk ihram, baik bagi laki-laki atau perempuan, disunnahkan berwana putih, baru atau sudah dicuci terlebih dulu. Warna putih untuk pakaian ihram hanya sunnah. Karena itu, jika menggunakan kain berwarna selain berwarna putih, maka hukumnya boleh namun makruh.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Raudhah berikut;

فإذا أراد الإحرام  نزع المخيط  ولبس إزارا ورداء ونعلين . ويستحب أن يكون الإزار والرداء أبيضين جديدين ، وإلا فمغسولين ، ويكره المصبوغ

Jika seseorang hendak melakukan ihram, maka dia harus melepaskan pakain yang berjahit dan menggunakan izar dan rida’ (sarung dan selendang) dan dua sandal. Dan disunnahkan izar dan rida’ tersebut berwarna putih dan baru, atau telah dicuci. Dan makruh menggunakan pakaian yang berwarna.

Juga disebutkan dalam kitab Hasyiatul Bajuri, bahwa memakai pakaian ihram berwarna putih adalah sunnah, tidak wajib. Karena itu, seseorang boleh menggunakan pakaian ihram selain warna putih.

ويلبس ندبا إزارا ورداء أبيضين والإزار ما يستر ما بين السرة والركبة

Baca Juga :  Sepasang Pemuda-Pemudi Berzina Lalu Menikah, Diampunikah Dosanya?

Muhrim disunnahkan menggunakan pakaian izar dan rida’ berwarna putih. Izar adalah pakaian yang menutupi tubuh antara pusar dan lutut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here