Bolehkah Melakukan Qadha Puasa karena Ragu?

0
59

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa jika ada salah satu puasa di bulan Ramadhan batal, maka kita wajib menggantinya di bulan lain setelah bulan Ramadhan. Namun adakalanya kita ragu apakah puasa kita ada yang batal atau tidak di bulan Ramadhan. Misalnya, saat menggosok gigi, kita ragu apakah ada air yang masuk atau tidak. Bolehkah melakukan qadha puasa karena ragu seperti ini?

Jika kita ragu mengenai keabsahan salah satu puasa di bulan Ramadhan, kemudian kita berinisiatif mengqadhanya di bulan lain, maka hukumnya boleh dan sah. Jika memang puasa di bulan Ramadhan itu batal, maka kita telah menggantinya. Namun jika pada kenyataannya tidak batal, maka puasa qadha yang kita lakukan menjadi puasa sunnah.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Fatawa Al-Fiqhiyah Al-Kubra berikut;

أنه لو شك أن عليه قضاء مثلا فنواه إن كان، وإلا فتطوع صحت نيته أيضا وحصل له القضاء بتقدير وجوده

Jika seseorang ragu apakah dia memiliki tanggungan puasa qadha, misalnya, kemudian berniat qadha puasa jika ada, jika tidak ada berniat melakukan puasa sunnah, maka niatnya sah juga dan puasa qadhanya bisa didapat jika memang ada.

Ini berbeda jika kita sudah yakin tidak ada salah satu puasa di bulan Ramadhan yang batal, maka kita tidak boleh melakukan qadha puasa Ramadhan. Jika melakukan puasa qadha, maka hukumnya haram karena mempermainkan perkara ibadah. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Ahkam Al-Fuqaha’ berikut;

ﻓﻤﻦ ﺗﻴﻘﻦ ﺍﻭ ﻇﻦ ﻋﺪﻡ ﻭﺟﻮﺏ ﻗﻀﺎﺀ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻴﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻟﻠﺘﻼﻋﺐ ﻭﻣﻦ ﺷﻚ ﻓﻠﻪ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﺍﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺍﻻ ﻓﺎﻟﺘﻄﻮﻉ

Barangsiapa yakin atau menduga kuat bahwa tidak ada kewajiban qadha puasa Ramadhan padanya, maka haram baginya melakukan niat qadha puasa Ramadhan kerena itu main-main. Barangsiapa ragu, maka boleh baginya melakukan niat puasa qadha jika ada padanya, jika tidak ada maka menjadi puasa sunnah.

Baca Juga :  Pandangan Islam Terhadap Pungutan Liar

Dengan demikian, jika kita ragu ada puasa yang batal di bulan Ramadhan, maka kita boleh menggantinya di bulan lain sesuai jumlah hari yang kita ragukan.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here