Bolehkah Istri Mengambil Uang dari Dompet Suami Tanpa Izin?

2
1447

BincangSyariah.Com – Sudah menjadi kewajiban suami untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak baik berupa kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, biaya sekolah, kebutuhan rumah tangga, dll. Ini merupakan salah satu kewajiban suami yang menjadi hak dari seorang istri. Biasanya, setiap bulan, atau setiap mendapatkan rizki, suami akan menyerahkan hasil nafkahnya kepada istri untuk dibelanjakan sebagaimana mestinya.

Namun demikian, tidak sedikit dari seorang istri yang kesusahan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari dikarenakan memiliki suami yang pelit dan bahkan kikir. Suami dengan tipe ini sangat berhati-hati sekali untuk mengeluarkan uang yang diminta istri dengan alasan tidak memiliki uang.

Dalam kondisi seperti ini seorang istri biasanya akan nekat untuk mengambil uang secara diam-diam dari dompet suami. Tentu maksud dan tujuannya baik, karena ia membutuhkan uang yang dimiliki suami untuk memenuhi kebutuhan dirinya, anaknya, dan tentu suaminya sendiri.

Bagaimanakah jika hal ini terjadi? Bolehkah seorang istri mengambil uang dari dompet suami tanpa izin?

Kisah di atas ternyata pernah terjadi di zaman Nabi Muhammad. Adalah Hindun, istri dari Abu Sufyan pernah mengadu dan bertanya kepada Nabi tentang sifat kikir suaminya yang menyimpang uangnya. Karena Hindun membutuhkan uang tersebut untuknya dan anaknya, ia pun kemudian mengambil uang dari suaminya sebagaimana yang diceritakan dalam hadis riwayat Bukhari berikut ini;

selengkapnya di bincangmuslimah.com

Baca Juga :  Tiga Tips Agar Menjadi Istri Salihah

2 KOMENTAR

  1. Kli aaya sngai Lelaki..istri mengambil..ya gak apa apa…kenapa..kalo memang membutuhkan.darurat apalagi…taoi suami yang kikir biasanya untuk pacarnya /Simpanannya..makanya pelit..
    Ketika saya daoat rezeqi:500 ribu istriku aku kasih 200 tibu.ketika saya dapat 900 rb istri aku kasih 600rb..hmm

  2. Klo Saya sebagai Lelaki..istri mengambil..ya gak apa apa…kenapa..kalo memang membutuhkan.darurat apalagi…taoi suami yang kikir biasanya untuk pacarnya /Simpanannya..makanya pelit..
    Ketika saya daoat rezeqi:500 ribu istriku aku kasih 200 tibu.ketika saya dapat 900 rb istri aku kasih 600rb..hmm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here