Berwudhu Sebelum Belajar Adalah Bagian dari Memuliakan Ilmu

0
2399

BincangSyariah.Com – Syekh Az-Zarnuji di dalam kitab Ta’limul Muta’allim bi Thariqatut Ta’allum menerangkan bahwa berwudhu sebelum belajar (misal dengan memuliakan kitab/buku) adalah bagian dari memuliakan ilmu. Maka, menurut syekh Az-Zarnuji bagi seorang pelajar seharusnya tidak mengambil kitab kecuali dalam keadaan suci/memiliki wudhu.

Artinya seorang pelajar harus memiliki wudhu ketika belajar. Syekh Az-Zarnuji pun menceritakan kisah-kisah ulama dahulu yang juga mengamalkan hal tersebut.

Syekh Syamsul Aimmah Al-Hulwani rahimahullah pernah bercerita, “Sungguh aku dapat memperoleh ilmu ini karena aku memulikannya. Aku tidak akan mengambil lembaran kitab (yang hendak aku pelajari) kecuali dengan bersuci.”

Syekh Syamsul Aimmah As-Sarkhasi juga melakukan hal yang sama (tidak akan belajar kecuali dalam keadaan suci). Bahkan beliau pernah suatu malam sakit perut ketika beliau muraja’ah (membaca ulang pelajaran/suatu kitab). Beliapun sampai bolak balik wudhu sebanyak tujuh belas kali di malam itu karena beliau ingin muraja’ah dalam keadaan suci/memiliki wudhu.

Dengan demikian maka ilmu itu adalah cahaya dan wudhu adalah cahaya. Maka cahaya ilmu akan semakin bertambah dengan berwudhu. Semoga kita dapat istiqamah mengamalkan hal tersebut, yakni belajar/mempelajari suatu ilmu dalam keadaan suci/memiliki wudhu. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Baca Juga :  Tiga Tips Agar Ilmu Tidak Sia-sia  di Sisi Allah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here