Benarkah Umur Kita Bisa Bertambah dengan Silaturahmi?

0
1594

BincangSyariah.Com – Salah satu doa yang selalu kita panjatkan di setiap bakda sholat, adalah doa minta umur panjang. Pun kita seringkali mendengar bahwa menyambung silaturahmi ke kerabat dapat memperpanjang usia seseorang. Bukan asumsi belaka, pernyataan tersebut disandarkan kepada hadis Rasulullah Saw,

عَنْ أَنَس ابْنُ مَالِك قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ أَوْ يٌنْسَأَ لَهُ فِيْ أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Dari Anas Ra. Mengatakan, aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturrahmi.” (H.R. Imam Bukhari)

Namun, yang agaknya membuat kita ragu—apakah memang benar umur kita bisa bertambah — adalah firman Allah yang secara dhahir justru mengatakan sebaliknya. Bahwa ketika ajal seseorang telah tiba, maka tidak ada satu pun yang mampu memperlambatnya atau mempercepatnya. Ini seperti disebutkan dalam surat al-A’raf: 34,

فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَايَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَلَايَسْتَقْدِمُوْنَ

Untuk menemukan jawabannya, di sini saya akan sedikit mengulas dua pendapat masyhur yang menyikapi hadist di atas.

Pendapat yang pertama mengatakan bahwa umur manusia memang bisa bertambah. Mereka menyandarkan pendapat ini pada ayat-ayat al-Quran dan hadis-hadis Rasaululah Saw. yang menyatakan bahwa Allah Swt. adalah Dzat yang Maha Kuasa. Sehingga, hal yang mudah bagi-Nya untuk memperpanjang usia seorang hamba. Di antaranya al-Quran surat al-Ra’d ayat 39:

يَمْحُوا اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ

“Allah Swt. menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki.”

Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa yang bertambah bukanlah umur kita secara hakiki. Melainkan tambahnya keberkatan di usia kita. Pendapat ini merujuk pada hadis Rasulullah Saw. yang menyatakan bahwasannya Allah Swt. menghapus dan menetapkan apa saja yang Dia kehendaki, kecuali hidup dan kematian, serta kebahagiaan dan kesengsaraan. Sehingga maksud dari dilapangkan rezeki adalah ditambahkan keberkahan dalam rezekinya, dan dipanjangkan umur berarti diberi kekuatan fisik dan ruhani selama hidupnya.

Baca Juga :  Mengapa Kita Harus Beribadah pada Allah?

Pendapat kedua ini, berusaha untuk menghadirkan jalan tengah antara hadis di atas dan ayat al-Quran yang menyatakan bahwa Allah Swt. kuasa untuk menghapus atau menetapkan sesuatu. Sehingga, hadis bahwa silaturrahmi dapat memperpanjang usia tidak menyangsikan kekuasaan Allah Swt. Dan sebagaimana kita ketahui, ketika ada dua dalil yang secara dhahir terlihat ada pertentangan, hendaknya para Ulama mencari jalan tengah untuk mengumpulkan dua dalil tersebut.

Tulisan ini merujuk pada kitab Syubhât haula al-hadîts yang disusun oleh Dr. Abdul Jawad, Dr. Khalid Syakir Sulaiman dan Dr. Mahmud Abdullah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here