Benarkah Setan akan Menginap Jika Kita Lupa Melantunkan Doa Masuk Rumah?

1
769

BincangSyariah.Com – Rasulullah mengajarkan agar kita selalu melantunkan doa ketika akan memasuki rumah atau tempat yang kita tinggali. Ternyata dalam riwayat lain, Rasulullah menyebutkan alasannya. Yaitu agar setan tidak menginap dalam tempat tinggal kita.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ:   إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Dari Jabir ra, sesungguhnya Nabi Muhammad Saw bersabda, “Jika seseorang masuk rumahnya kemudian ia menyebut nama Allah ketika memasukinya dan ketika makan, maka setan akan berkata (kepada kawanannya), ‘tidak ada tempat tidur dan makanan untuk kalian,’ tapi jika seseorang masuk dan menyebut nama Allah ketika masuk, maka setan akan berkata, ‘kalian dapat tempat tidur,’ dan jika ia tidak menyebut nama Allah juga ketika makan, sungguh setan berkata, ‘selamat, kalian dapat tempat menginap dan makan malam,’,” (HR. Muslim)

Hadis di atas secara jelas menyebutkan bahwa seorang muslim jika memasuki rumah tanpa menyebut nama Allah atau melantunkan doa masuk rumah, maka sungguh setan masuk bersamanya ke dalam rumah tersebut.

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi menjelaskan bahwa adraktum al-mabit wa al-‘asya’, maksudnya setan mengabarkan kabar gembira ke teman-temannya, dan berkata kepada mereka, “Selamat, kalian dapat tempat menginep dan makan malam,”

Jika seseorang lupa melantunkan doa masuk, tidak ditemukan anjuran apakah orang tersebut lebih baik keluar dan masuk sekali lagi dengan mengucapkan asma Allah. akan tetapi mungkin orang tersebut bisa menebus doa masuk rumah dengan membaca zikir-zikir atau doa-doa yang diajarkan agar dijauhakan dari gangguan setan.

Baca Juga :  Mengaji Makna "Lailatul Qadar" (1)

Sebagaimana hadis di atas menyebutkan bahwa setan tidak akan masuk jika kita berdoa, begitu pula tidak diketahui apakah setan akan keluar karena doa tersebut. Akan tetapi anjuran berdoa sebelum masuk rumah adalah untuk meminimalisir gangguan setan terhadap umat muslim.

Karena itu, kita pun dianjurkan oleh Rasul untuk membaca akhir surat al-Baqarah untuk mengusir setan yang ada di dalam rumah, serta berdoa sebelum tidur. Walahu’alam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here