Benarkah Nabi Ishak yang Dikorbankan, Bukan Ismail?

19
5604

BincangSyariah.Com – Tiap tahun, umat Islam selalu merayakan hari raya Idul Adha untuk mengenang peristiwa pengorbanan Ibrahim ketika diuji oleh Allah untuk menyembelih anak kesayangannya. Namun terkait identitas siapa sebenarnya anak Ibrahim yang dikorbankan, di kalangan ulama tafsir masih banyak silang pendapat; ada yang berpendapat bahwa yang akan dikorbankan ialah nabi Ismail, dan mungkin kebanyakan umat Islam mempercayai demikian dan ada juga yang berpandangan bahwa Nabi Ishak yang dikorbankan oleh Nabi Ibrahim.

Kedua pandangan ini masing-masing memiliki rujukan yang cukup kuat. Pandangan yang mengatakan bahwa nabi Ismail yang dikorbankan didukung oleh riwayat-riwayat yang bersumber dari sahabat-sahabat besar seperti Abu Hurairah, Abu Thufail, Amir bin Watshilah dan juga para tabi’in terkemuka seperti Said bin al-Musayyab, Yusuf bin Mahran, Rabi bin Anas dan lain-lain.

Sementara itu, pandangan yang mengatakan bahwa nabi Ishak yang dikorbankan mendapat justifikasinya yang kuat dari riwayat-riwayat yang berasal dari sahabat dan tabi’in juga. Mereka tak kalah kuat kedudukannya dengan riwayat sahabat yang mengatakan bahwa Ismail lah yang dikorbankan.

Sahabat dan tabiin yang mendukung pandangan bahwa Ishak lah yang dikorbankan ini di antaranya ialah Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Mas’ud, al-Abbas bin Abdul Muttalib,  Ali bin Abi Thalib dan Umar bin al-Khattab dan dari kalangan Tabi’in di antaranya ialah Masruk, Ikrimah, Ibnu Sabit, Abi Maysarah dan lain-lain.

Paling tidak adanya sosok Umar bin al-Khattab dan Ali bin Abi Thalib dan ditambah lagi dengan Ibnu Umar yang sering disebut sebagai ulama yang banyak meriwayatkan hadis menjadi penguat bagi yang berpandangan bahwa Ishaklah yang justru dikorbankan, bukan Ismail. Ibnu Abbas memiliki dua versi riwayat. Riwayat dari Ikrimah, beliau berpandangan bahwa Ishak yang dikorbankan namun riwayat dari as-Sya’bi beliau mengatakan bahwa Ismail lah yang dikorbankan.

Baca Juga :  Cara Menghitung Zakat Profesi dan Ketentuan Pembayarannya

Ketika menafsirkan surat as-Shaffat ayat 107, Ibnu Jarir at-Tabari menyajikan dua versi pandangan ini dalam tafsirnya yang terkenal, Jami al-Bayan fi Tafsir ayatin Min Ayil Quran. Menariknya Ibnu Jarir ini menguatkan pandangan bahwa Ishak lah yang dikorbankan Ibrahim dan digantikan dengan domba jantan atau kibsy atau hassye dalam bahasa Ibrani. Ibnu Jarir at-Tabari setelah menyajikan dua riwayat yang berbeda ini mentarjih pandangan yang menurutnya paling kuat:

وأولى القولين بالصواب في المفدي من ابني إبراهيم خليل الرحمن على ظاهر التنزيل قول من قال: هو إسحاق.

“Pandangan yang paling benar dari dua kalangan yang berselisih pendapat mengenai siapa dua anak nabi Ibrahim yang dikorbankan menurut makna lahir firman Allah ini ialah pandangan yang mengatakan bahwa Ishaklah yang dikorbankan”

Pandangan Ibnu Jarir at-Tabari ini paling tidak menemukan basis legitimasinya dari hasil pembacaannya terhadap ayat-ayat Alquran yang menyebutkan kabar gembira dari Allah kepada Ibrahim bahwa beliau akan mendapat keturunan yang dinamai Ishak.

Lebih jauh lagi jika kita menelaah secara seksama kitab perjanjian lama di  kitab kejadian atau Beresyit pasal 22 ayat 2 (yang akan kita kutip di sini ialah perjanjian lama yang menggunakan bahasa Ibrani, Biblia Hebraica Stuttgartensia), akan kita temukan bahwa Ishaklah yang dikorbankan:

(Qah-na et-benkha et-yehidkha asyer ahafta Itshaq we lekh- lekha el-erets hammoria we ha’ale-hu syam la’ola el ahad ha-harim asyer oomer elekha).

Ayat ini kira-kira dapat kita terjemahkan demikian:

“Ambillah anakmu yang satu satunya itu, yang sangat engkau sayangi, yaitu Ishak, lalu pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan kukatakan padamu” (Beresyit, 22: 2).

Baca Juga :  Pendidikan Karakter dan Cinta Dalam Berkurban

Ishak yang menjadi la-olah atau korban bakaran ini kemudian tidak jadi dikorbankan dan diganti oleh malaikat dengan hassye atau domba jantan yang bertanduk. Kelak dalam literatur tafsir, tanduk inilah yang kemudian digantung di Ka’bah dan tanduk ini masih diperselisihkan di kalangan ahli tafsir apakah berasal dari Mekkah atau Suriah. Bagi yang mengatakan bahwa Ishak yang dikorbankan, tanduk ini berasal dari Suriah dan dibawa oleh Ibrahim dan digantungkan di Ka’bah dan bagi ahli tafsir yang mengatakan bahwa Ismail yang dikorbankan, tanduk ini berasal dari Mekkah sehingga mana mungkin tanduk itu bekas domba sebagai peganti Ishak.

Karena Alquran merupakan wahyu yang menguatkan wahyu-wahyu sebelumnya, besar kemungkinan tafsir yang tepat bagi anak yang dikorbankan Ibrahim ialah Ishak. Kenyataan demikian bukan hanya dipertegas oleh beberapa kalangan sahabat dan tabi’in namun juga kitab perjanjian lama seperti yang telah disebut di atas dan juga kitab perjanjian baru. Kesamaan yang ada pada Alquran dengan kitab-kitab sebelumnya bukan karena al-Quran menjiplak kitab-kitab sebelumnya. Kesamaan narasi antara Alquran dan kitab Taurat dan Injil karena kitab-kitab suci ini berasal dari satu sumber yang sama yang dalam keyakinan umat Islam disebut sebagai Ummul Kitab, Induknya Wahyu. Allahu A’lam.

19 KOMENTAR

  1. Hadist palsu yang mengatakan nabi ishak yang disembelih oleh nabi ibrahim. Yang paling benar adalah nabi ismail lah yang disembelih oleh nabi ibrahim

  2. Ayat Kejadian itu sudah ditambahi. Buktinya ada kalimat anak yang tunggal tapi kok namanya Ishaq?
    Wajar kalau Bibel menguatkan Ishaq, karena beliau nenek moyang mereka. Ditambah rasa dengki kepada keturunan kakak mereka Ismail, yaitu bangsa Arab.

  3. menarik ini, krn Kedua Nash tsb sama2 kuat…
    krn ini berurusan dg Rosulullah SAW…
    pertanyaan sy :
    1. Rasul SAW tetep jdi turunan Ismail AS atau Ishaq AS..?
    2. krn ini berkaitan dg Rukun Haji, mulai dr Sa’i sofa n Marwa n Lempar Jumrah…
    yg sdh biasa kita tahu itu semu ttg Nabi Ismail..?

  4. 1. Silsilah Rasul SAW gak ada kaitannya sama penyembelihan ini. Beliau keturunan Nabi Ismail as.
    2. Penyembelihan dan tatacara haji juga tidak ada kaitannya. Tatacara ibadah haji diajarkan sesuai perintah Allah, bukan karena sekadar perayaan untuk mengenang suatu peristiwa tertentu.

  5. Quran tidak jelas menyebutkan siapa yang dikurbankan, sedangkan Alkitab jelas yaitu Ishak. Mungkin Surah 11:71 yang dapat menjadi referensi, untuk menyakinkan siapa anak Abraham yagn mendapat limpahan, Ishak.

  6. “Karena Alquran merupakan wahyu yang menguatkan wahyu-wahyu sebelumnya, besar kemungkinan tafsir yang tepat bagi anak yang dikorbankan Ibrahim ialah Ishak”. Mengutip kata anda di atas jika Alquran adalah wahyu yang menguatkan, pastinya tidak ada kesimpang siuran seperti ini, kecuali jika di Bibel itu simpang siur dan kemudian Alquran datang untuk meluruskannya, dan kemudian di Alquran tertulis Jelas,berarti Alquran disini sebagai wahyu yang memperkuat tetapi sebaliknya saya melihat, bahwa Alquran lah disini yang sedang bingung untuk menentukan siapa yang sebenarnya, jadi secara logika Alquran tidak memiliki fungsi sebagai wahyu yang memperkuat. Malah dikitab-kitab sebelumnya dengan jelas dituliskan bahwa Isak lah yang dikorbankan dan semoga tidak ada lagi tuduhan atau mengambinghitamkan orang lain, bahwa kita org nasrani sdh di palsukan, bagaimana dengan Kitab orang Yahudi apakah palsu juga.

  7. Kitab org nasrani dan yahudi bukan dipalsukan, tetapi sudah diedit, sebagian isinya dirubah-rubah, atau tepatnya sudah mengalami revisi, modifikasi, bahkan juga ditemukan adanya sisipan/palsu. Ini sama skli bukan tuduhan tetapi fakta. Klo anda kristen, pastinya anda tahu bhwa injil ada dalam berbagai versi, antara versi yg satu dan versi lainnya saling berbeda, bahkan bertentangan. Harusnya anda tahu, bahwa selain injil yg empat itu, masih ada banyak skli (lebih dari 70) injil versi lain sprti: injil maria, phillip, barnabas, dll. Isinya tidak sama dgn injil yg kanonik, yg dipilih oleh gereja. Bgitu jg dgn kitab Yahudi, Torah orang samaria dgn torahnya Yahudi berbeda. Sampai dsini paham khann?

  8. Jangan bohong pak tak ada dalam alquran nama ishak disebut bahwa dialah yang dikorbankan sangat kuat, walaupun dalam alquran tak disebut ismail tapi Allah memberikan tanda2nya bahwa ismail yang dikorbankan

  9. Beresyit 22 : 2 ambillah anakmu yang SATU-SATUnya engkau sayangi itu, yaitu Ishak.

    Ayat ‘lebay’ ….apakah Tuhan menganggap Abraham sebegitu bodoh? Atau bahasa penulis Alkitab yg aneh ? Jika sudah disebut anak -satu-satunya – terasa aneh jika disusul kata-kata …’yaitu Ishak’ …

  10. Jika di alquran tidak disebutkan siapa yg dikorbankan berarti alquran mendukung kitab taurat. Namun jika semua ngotot ismail dikorbankan maka sama dgn tidak mengakui kitab taurat. Didlm alquran disebutkan kitab taurat dan injil adalah kitab yg telah turun sebelum alquran. Jika anda tidak mengakui kitab taurat maka anda sama dgn tidak mengakui alquran.

  11. Hadist rujukan bahwa nabi Ishaq yg diqorbankan adalah kuat krn dr sahabat besar, Umar bin khotob, abbas bin Muntholib, ali bin abu Thalib، ibnu abbas yg dikasih keistimewaan menafsirkan Alquran. Sedang nabi Ismail dr hadist kebanyakan para tabi’in.

  12. Hadist rujukan bahwa nabi Ishaq yg diqorbankan adalah kuat krn dr sahabat besar, Umar bin khotob, abbas bin Muntholib, ali bin abu Thalib، ibnu abbas yg dikasih keistimewaan menafsirkan Alquran. Sedang nabi Ismail dr hadist kebanyakan para tabi’in. Gus Baha ikut pendapat nabi Ishaq.

  13. Alkitab dirubah2?
    diedit, dipalsukan, berarti TUHAN bobrok dan penipu, katanya firman-Nya terjaga sampai akhir.
    Klo quranlah sbg penyempurna, coba buat quran sbg buku tunggal tanpa hadist, apa jadinya?
    masa ada wahyu/firman acak2an, amburadul gajelas pakek tanda kurunglah, ada di surah ini ada di surah itu, dan trmmasuk pengurbanan ISHAK/ISMAIL, KOK TI DA KKKKKKKKKKK JEELASSSSSSSSSSSSSSSSS????
    Sesembahan muslim ini mau nipu, mau mengacaukan keadaan, mau memutarbalikkan FAKTA KEBENARAN ya?????????????
    Makanya JANGAN SAMPAI KAMU MISI BUNUH DIRI SENDIRI, PALSU EDITAN FAKE NDASMUUUUUU..
    TANPA ALKITAB
    GIMANA BISA ADA KEDAMAIAN DAN TAHU TENTANG AJARAN MURNI KASIH DLL DST DSB YANG PUNCAKNYA ADA DI
    >>>>>>>>>>>>PERJANJIAN BARU<<<<<<<<<<
    TUHAN SENDIRI DATANG MENJADI MANUSIA, SETIAP firman yg terucap dari mulut-Nya itulah INJIL, bkn buku nemplok dari langit..
    Sesembahan muslim juga maha kuasa tpi bohong, masa ada bohong2nya sih, lahiyaaa, di ALKITAB SUDAH JELAS TUHAN BISA JADI APA SAJA, di quran malah 0 besar, Jipril malah yg berperan besar..
    JADI JELAS YA
    ISHAK ADALAH PERJANJIAN, DARI ISHAK MENURUNKAN KETURUNAN MESIAS/KRISTUS, TUHAN SENDIRI MENJADI KRISTUS, bkn siapa2, jika manusia yg menjadi Kristus, BERARTI ADA DI SISI TUHAN YANG SETARA DIA???????? MASA TUHAN AJARKAN BERHALA??????????

    JIKA MASIH RAGU TERHADAP KEAKURASIAN ALKITAB
    SILAHKAN CEK PENEMUAN NASKAH LAUT MATI/GUA QUMRAN, muslim sendiri yg menemukannnya lohh..
    DULU SEBELUM PENEMUAN, ALKITAB YAHUDI DAN KRISTEN YANG SAMA ISINYA, DIPERTENTANGKAN DIKIRA DI EDIT PAS ABAD 5 6 7 BLABLABLALBAALALALBALBALLAA
    RUPANYA PENEMUAN LAUT MATI MEMUAT ISI ALKITAB PERJANJIAN LAMA
    YANG SUDAH ADA DARI ABAD 3 SEBELUM MASEHI
    EAAAAAAAAAAAAAAA EAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
    TIDAK ADA BEDANYA
    SEMUA ISI KONTEN SAMA
    HALELUYAH…!!!
    TAKBIRRRRRRRRR!!! YESUS KRISTUS HUAKBARRR!!! YESUS KRISTUS ADALAH YAHWEH!!!
    muslim gak sembah YAHWEH, pasti jelas masuk Neraka..!!

  14. Alkitab dirubah2?
    diedit, dipalsukan, berarti TUHAN bobrok dan penipu, katanya firman-Nya terjaga sampai akhir.
    Klo quranlah sbg penyempurna, coba buat quran sbg buku tunggal tanpa hadist, apa jadinya?
    masa ada wahyu/firman acak2an, amburadul gajelas pakek tanda kurunglah, ada di surah ini ada di surah itu, dan trmmasuk pengurbanan ISHAK/ISMAIL, KOK TI DA KKKKKKKKKKK JEELASSSSSSSSSSSSSSSSS????
    Sesembahan muslim ini mau nipu, mau mengacaukan keadaan, mau memutarbalikkan FAKTA KEBENARAN ya?????????????
    Makanya JANGAN SAMPAI KAMU MISI BUNUH DIRI SENDIRI, PALSU EDITAN FAKE NDASMUUUUUU..
    TANPA ALKITAB
    GIMANA BISA ADA KEDAMAIAN DAN TAHU TENTANG AJARAN MURNI KASIH DLL DST DSB YANG PUNCAKNYA ADA DI
    >>>>>>>>>>>>PERJANJIAN BARU<<<<<<<<<<
    TUHAN SENDIRI DATANG MENJADI MANUSIA, SETIAP firman yg terucap dari mulut-Nya itulah INJIL, bkn buku nemplok dari langit..
    Sesembahan muslim juga maha kuasa tpi bohong, masa ada bohong2nya sih, lahiyaaa, di ALKITAB SUDAH JELAS TUHAN BISA JADI APA SAJA, di quran malah 0 besar, Jipril malah yg berperan besar..
    JADI JELAS YA
    ISHAK ADALAH PERJANJIAN, DARI ISHAK MENURUNKAN KETURUNAN MESIAS/KRISTUS, TUHAN SENDIRI MENJADI KRISTUS, bkn siapa2, jika manusia yg menjadi Kristus, BERARTI ADA DI SISI TUHAN YANG SETARA DIA???????? MASA TUHAN AJARKAN BERHALA??????????

    JIKA MASIH RAGU TERHADAP KEAKURASIAN ALKITAB
    SILAHKAN CEK PENEMUAN NASKAH LAUT MATI/GUA QUMRAN, muslim sendiri yg menemukannnya lohh..
    DULU SEBELUM PENEMUAN, ALKITAB YAHUDI DAN KRISTEN YANG SAMA ISINYA, DIPERTENTANGKAN DIKIRA DI EDIT PAS ABAD 5 6 7 BLABLABLALBAALALALBALBALLAA
    RUPANYA PENEMUAN LAUT MATI MEMUAT ISI ALKITAB PERJANJIAN LAMA
    YANG SUDAH ADA DARI ABAD 3 SEBELUM MASEHI
    EAAAAAAAAAAAAAAA EAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
    TIDAK ADA BEDANYA
    SEMUA ISI KONTEN SAMA
    HALELUYAH…!!!
    TAKBIRRRRRRRRR!!! YESUS KRISTUS HUAKBARRR!!! YESUS KRISTUS ADALAH YAHWEH!!!
    muslim gak sembah YAHWEH, pasti jelas masuk Neraka..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here