Benarkah Menjawab Salam dengan ‘Wa  ‘alaikum salam’ Salah?

0
4149

BincangSyariah.Com – Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia ketika mereka menjawab salam umumnya mereka menggunakan redaksi jawaban salam ‘Wa ‘alaikum salam’, bukan ‘Wa ‘alaikumus salam’. Namun menurut sebagian orang, redaksi jawaban salam pertama adalah salah, sementara yang benar adalah redaksi kedua. Benarkah menjawab salam dengan redaksi ‘Wa ‘alaikum salam’ salah?

Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa ada dua redaksi yang bisa digunakan ketika kita mengucapkan salam dan menjawabnya. Redaksi pertama adalah dengan menggunakan alif lam atau al pada kata salam. Maka redaksi mengucapkan salam menjadi assalamu ‘alaikum, dan jawabannya adalah  wa ‘alaikumus salam.

Sementara redaksi kedua adalah tanpa menggunakan alif lam pada kata salam. Sehingga ketika mengucapkan salam menjadi salamun ‘alaikum dan jawabannya menjadi wa ‘alaikum salam.

Kedua redaksi salam di atas, baik digunakan pada saat kita memulai salam atau menjawabnya sama-sama diperbolehkan. Kita boleh menggunakan redaksi salam yang menggunakan alif lam pada kata salam, dan boleh menggunakan redaksi yang tanpa alif lam. Hanya saja menurut ulama, mengucapkan salam dan menjawabnya dengan menggunakan alif lam pada kata salam lebih utama dibanding tanpa alif lam.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Mughnil Muhtaj berikut;

وَيَكْفِي سَلَامٌ عَلَيْكُمْ ابْتِدَاءً وَعَلَيْكُمْ سَلَامٌ جَوَابًا وَلَكِنَّ التَّعْرِيفَ فِيهِمَا أَفْضَلُ

Cukup dengan ‘Salamun ‘alaikum’ saat memulai salam, dan ‘Wa ‘alaikum salam’ sebagai jawabannya. Akan tetapi menggunakan alif lam pada keduanya lebih utama.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa pandangan yang mengatakan salah menjawab salam dengan wa ‘alaikum salam, tanpa alif lam adalah pandangan yang tidak benar. Redaksi ini boleh digunakan untuk menjawab salam, meskipun yang lebih utama menggunakan redaksi wa ‘alaikumus salam, dengan alif lam.’

Baca Juga :  Ambillah yang Halal dan Tinggalkanlah yang Haram dan Syubhat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here