Benarkah Membunuh Nyamuk di dalam Masjid Tidak Boleh?

0
214

BincangSyariah.Com – Nyamuk merupakan jenis hewan yang sangat mudah ditemukan di berbagai tempat, di dalam rumah, kamar mandi, dan tempat lainnya. Bahkan nyamuk ini dapat juga dijumpai di dalam masjid dalam jumlah yang sangat banyak dan melimpah sehingga mengganggu para jemaah yang sedang beribadah. Karena mengganggu, ada sebagian jemaah yang tidak segan-segan membunuh nyamuk di dalam masjid. Bagaimana hukum membunuh nyamuk di dalam masjid?

Terdapat perbedaan pandangan ulama mengenai hukum membunuh nyamuk, cicak dan hewan sejenis di dalam masjid. Setidaknya, ada dua padangan ulama dalam masalah ini.

Pertama, haram membunuh nyamuk, cicak, kutu, dan hewan sejenis di dalam masjid. Alasan keharaman membunuh nyamuk dan sejenisnya di dalam masjid karena dikhawatirkan mengotori masjid, meskipun darah dari nyamuk yang dibunuh tersebut sedikit. Sementara hampir seluruh ulama sepakat bahwa mengotori masjid hukumnya adalah haram.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Syaikh Zainudin Al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in berikut;

ورمي نحو قملة فيه ميتة وقتلها في أرضه وإن قل دمها

Dan haram melempar sejenis bangkai kutu dan membunuhnya di dalam tanah masjid meskipun darahnya sedikit.

Dalam kitab I’anatut Thalibin, Syaikh Abu Bakar Syatha menjelaskan perkataan Syaikh Zainudin Al-Malibari ini sebagai berikut;

ويحرم رمي نحو قملة كبرغوث وبق وبعوض في المسجد إذا كانت ميتة لنجاستها حينئذ. قوله وقتلها في أرضه ) أي ويحرم قتل القملة أي ونحوها في أرض المسجد أي لأن فيه قصده بالمستقذر

Dan haram melemparkan kutu, kepinding, dan nyamuk di dalam masjid jika sudah menjadi bangkai karena semuanya najis. Perkataan mushannif; dan membunuhnya di dalam masjid, artinya haram membunuh kutu dan sejenis di dalam masjid karena hal itu ada kesengejaan untuk mengotori masjid.

Baca Juga :  Memuliakan Masjid dengan Doa

Kedua, tidak masalah membunuh nyamuk dan hewan sejenis di dalam masjid. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Al-Marwazi. Dalam kitab Al-Furu’ li Ibn Al-Muflih disebutkan sebagai berikut;

ونقل المروزي أنه سئل عن قتل القملة والبرغوث في المسجد فقال : أرجو ألا يكون به بأس

Dinukil dari Imam Al-Marwazi bahwa beliau pernah ditanya mengenai membunuh nyamuk dan kutu di dalam masjid, kemudian dia menjawab; ‘Aku mengharap bahwa hal itu tidak masalah.

Dengan demikian, jika seseorang membunuh nyamuk di dalam masjid, maka ia harus hati-hati jangan sampai mengotori masjid dan bangkainya segera di buang keluar masjid. Karena jika mengotori masjid dan bangkainya dibiarkan di dalam masjid, maka hal itu haram sebagaimana pendapat pertama. Namun jika tidak mengotori masjid dan bangkainya dibuang keluar masjid, maka membunuh nyamuk tidak masalah sebagaimana pendapat pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here