Benarkah Membawa Terasi itu Batalkan Shalat?

0
463

BincangSyariah.Com – Di sebagian daerah, ada anggapan di tengah masyarakat bahwa meskipun terasi boleh dimakan, namun jika terasi tersebut mengenai pakaian seseorang, maka ia tidak boleh dibawa shalat. Jika dibawa shalat, maka shalatnya tidak sah. Benarkah anggapan tersebut?

Pada umumnya, terasi terbuat dari ikan kecil yang kotorannya tidak dibersihkan terlebih dahulu. Ada juga yang terbuat dari udang. Menurut Imam Ibnu Hajar, Ziyad dan Imam al-Ramli, darah dan kotoran yang ada di dalam perut ikan kecil atau udang dihukumi suci. Karena itu, membuat terasi dari ikan dan udang yang kotorannya tidak dibersihkan terlebih dahulu hukumnya boleh dan terasinya dihukumi suci.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin berikut;

وقد اتفق ابن حجر وزياد و م ر وغيرهم على طهارة ما في جوف السمك الصغير من الدم والروث وجواز أكله معه وإنّه لا ينجس به الدهن بل جرى عليه م ر الكبير ايضا لأن لنا قولا قويا أن السمك لادم له

“Imam Ibnu Hajar, Ziyad dan Imam al-Ramli, dan ulama lainnya telah sepakat terkait kesucian sesuatu yang berada di dalam perut ikan kecil, baik darah dan kotorannya, dan kebolehan memakan ikan tersebut bersama darah dan kotorannya. Dan minyak tidak menjadi najis dengannya. Bahkan Imam al-Ramli menyamakan perkara tersebut pada ikan besar juga, karan kami memiliki pendapat yang kuat bahwa ikan tidak memiliki darah.”

Oleh karena terasi yang terbuat dari ikan kecil atau udang dihukumi suci, maka ia boleh dimakan dan jika mengenai pakaian atau tubuh tidak menyebabkan pakaian atau tubuh tersebut menjadi najis. Dengan demikian, anggapan bahwa jika pakaian yang terkena terasi tidak boleh dibawa shalat merupakan anggapan yang berlebihan, apalagi sampai menyebabkan shalat tidak sah.

Baca Juga :  Hukum Merokok di dalam Masjid

Kita boleh makan terasi karena itu suci, dan pakaian yang terkena terasi boleh kita bawa shalat karena terasi tidak menyebabkan pakaian menjadi najis. Meskipun boleh menggunakan pakaian yang terkena terasi, namun pada saat kita shalat sebaiknya menggunakan pakaian yang bersih, yang tidak bau terasi dan bau tak sedap lainnya.

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here