Benarkah Memakai Sprei Berbahan Sutra Tidak Boleh bagi Laki-laki?

0
9

BincangSyariah.Com – Ada seorang istri yang membeli sprei yang terbuat dari bahan sutra. Apakah suaminya boleh memakai dan tidur dengan memakai sprei berbahan sutra tersebut?

Dalam Islam, seorang laki-laki dilarang menggunakan dan memakai jenis pakaian yang terbuat dari sutra. Begitu juga laki-laki dilarang tidur di atas sutra, baik berupa sprei, kasur dan lainnya. (Baca: Bolehkah Menggunakan Sajadah Sutra Saat Salat?)

Oleh karena itu, jika ada seorang perempuan yang membeli sprei yang terbuat dari sutra, maka suaminya dilarang memakai sprei berbahan sutra tersebut. Sprei itu hanya boleh digunakan oleh dirinya dan perempuan lainnya. Sementara suaminya atau saudara laki-lakinya tidak boleh menggunakan, duduk, dan tidur di atas sprei tersebut.

اتفق الفقهاء على جواز افتراش النساء للحرير. أما بالنسبة للرجال فذهب جمهور المالكية والشافعية والحنابلة إلى تحريمه

Ulama fiqih sepakat atas kebolehan perempuan tidur di atas sutera. Sementara untuk laki-laki, maka kebanyakan ulama dari kalangan ulama Malikiyah, Syafiiyah dan Hanabilah berpendapat atas keharamannya.

Dalam kitab Al-Majmu’, Imam Nawawi berpendapat bahwa laki-laki haram menggunakan sutera dalam bentuk apapun, baik berbentuk pakaian, berbentuk penutup, berbentuk alas tidur seperti sprei, dan lainnya. Beliau berkata sebagai berikut;

يحرم على الرجل استعمال الديباج والحرير في اللبس والجلوس عليه والاستناد إليه والتغطي به واتخاذه سترا وسائر وجوه استعماله ولا خلاف في شئ من هذا إلا وجها منكرا

Haram bagi laki-laki menggunakan kain tenun sutra dan pakaian sutera, baik digunakan sebagai baju, duduk di atasnya, bersandar dengan sutra, berselimut dengan sutera, menggunakannya untuk penutup muka dan seluruh penggunaan lainnya. Dan tidak ada perbedaan pendapat dalam masalah ini, selain salah satu pendapat yang mungkur.

Baca Juga :  Hukum Mengucapkan Salam pada Lawan Jenis

Dalil yang dijadikan dasar keharaman menggunakan sutra, baik berupa pakain, sprei, dan lainnya, adalah hadis riwayat Imam Bukhari, dari Hudzaifah, dia berkata;

نَهَانَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَأَنْ نَجْلِسَ عَلَيْهِ

Nabi Saw melarang kita untuk memakai sutra atau duduk di atas kain sutera.

Juga hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Hudzaifah bin Al-Yaman, dia berkata bahwasannya Nabi Saw pernah bersabda;

لا تَشرَبوا في آنيةِ الذهبِ والفضةِ، ولا تَلبَسوا الحريرَ والدِّيباج

Janganlah kalian minum di tempat yang terbuat dari emas dan perak. Dan janganlah kalian memakai pakaian sutra dan kain tenun dari sutra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here