Benarkah Bulan Rajab Lebih Mulia Dibanding Bulan Hijriyah Lainnya?

0
638

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, bulan-bulan yang disebut asyhurum hurum terdiri atas empat bulan, yaitu bulan Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Semua ulama sepakat bahwa bulan-bulan ini kedudukannya sangat mulia dalam Islam, sehingga di bulan-bulan tersebut kita dianjurkan untuk lebih meningkatkan ibadah kepada Allah dan menjauhi larangan-Nya. Namun demikian, ada sebagian yang beranggapan bahwa di antara asyhurul hurum tersebut, yang paling mulia adalah bulan Rajab. Benarkah demikian?

Meskipun para ulama sepakat terkait kemulian asyhurul hurum, namun mereka berbeda pendapat terkait mana yang lebih mulia dan lebih utama di antara empat bulan-bulan haram tersebut. Setidaknya, ada dua pendapat ulama dalam masalah ini.

Pertama, bulan Muharram adalah bulan yang paling mulia dibanding asyhurul hurum yang lain, termasuk dari bulan Rajab. Pendapat ini disampaikan oleh Imam al-Hasan al-Bashri, dan ulama yang lain. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Rajab dalam kitab Lathaif al-Ma’arif berikut;

وقد اختلف العلماء في أي الأشهر الحرم أفضل فقال الحسن وغيره أفضلها شهر الله المحرم ورجحه طائفة من المتأخرين وروى وهب بن جرير عن قرة بن خالد عن الحسن قال: إن الله افتتح السنة بشهر حرام وختمها بشهر حرام فليس شهر في السنة بعد شهر رمضان أعظم عند الله من المحرم

“Para ulama berbeda pendapat mengenai asyhurul hurum yang paling utama. Imam al-Hasan dan lainnya berkata, ‘Yang paling utama adalah bulan Allah, Muharram.’ Pendapat ini diunggulkan oleh sekelompok ulama belakangan. Wahb bin Jarir meriwayatkan dari Qurrah bin Khalid dari Imam al-Hasan, dia berkata, ‘Sesungguhnya Allah mengawali tahun dengan bulan mulia dan mengakhirinya dengan bulan mulia. Tidak ada bulan dalam setahun setelah bulan Ramadan yang lebih agung di sisi Allah dibanding bulan Muharram.”

Baca Juga :  Terkait Artis Terjerat Narkoba, Ini Kata Ustaz Ahong

Begitu juga menurut Sayid Muhammad al-Zabidi dalam kitabnya Ithafus Sadatil Muttaqin. Beliau berkata;

و الأشهر الفاضلة الشريفة أربعة ذو الحجة والمحرم ورجب وشعبان وأفضلهن المحرم كما سبق عن النووي

“Bulan-bulan yang utama dan mulia ada empat, yaitu Zulhijjah, Muharram, Rajab, dan Sya‘ban). Yang paling utama dari semua itu adalah bulan Muharram sebagaimana penjelasan yang lalu dari Imam Nawawi.”

Kedua, bulan Rajab adalah bulan yang paling mulia dan utama. Pendapat ini disampaikan oleh sebagian ulama Syafiiyah. Namun demikian, pendapat ini dinilai lemah dan kebanyakan ulama menolaknya.

Oleh karena itu, anggapan bahwa bulan Rajab merupakan bulan yang paling utama adalah anggapan yang lemah. Kebanyakan ulama sepakat bahwa bulan yang paling mulia di antara asyhurul hurum adalah bulan Muharram, kemudian Rajab, Zulhijjah, Zulqa’dah dan Sya’ban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here