Belajar Tauhid; Meyakini Sifat Al-Qiyamu Binafsihi Allah

0
162

BincangSyariah.Com – Al-Qiyamu binafsihi atau berdiri sendiri adalah sifat kelima dari dua puluh sifat wajib Allah swt. Lalu bagaimana cara kita meyakini sifat Al-Qiyamu binafsihi Allah swt. itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya ِAl-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman atau meyakini sifat Al-Qiyamu binafsihi Allah swt. adalah sebagai berikut.

هو ان نعتقد أن الله سبحانه وتعالى لايحتاج الى شيئ من الاشياء فلايحتاج الى مكان ولا الى محل ولا الى شيئ من المخلوقات اصلا فهو الغني عن كل شيئ وكل شيئ محتاج اليه سبحانه وتعالى

Yakni kita meyakini bahwa Allah swt. tidak butuh pada sesuatu pun dari segala sesuatu. Dia tidak butuh tempat, keadaan, dan tidak butuh sama sekali kepada satu pun dari makhluk-makhlukNya, karena Dia adalah dzat yang Maha Kaya/ tidak butuh pada segala sesuatu. Bahkan justru segala sesuatu itulah yang butuh kepadaNya yang Maha Suci dan Luhur.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka dapat dipahami bahwa Allah swt. itu Maha Kaya, karena Allah swt. memiliki sifat Al-Qiyamu binafsihi atau berdiri sendiri, tidak butuh pada selainNya. Justru makhluk-makhlukNya lah yang butuh kepadaNya. Selain itu, Allah swt. juga tidak butuh pada tempat dan keadaan seperti manusia dan makhluk lainnya yang butuh pada tempat tinggal dan sebagainya.

Terkait dengan sifat Al-Qiyamu binafsihi, Allah swt. telah berfirman di dalam Q.S. Fathir 15-16 sebagai berikut.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اَنْتُمُ الْفُقَرَاۤءُ اِلَى اللّٰهِ ۚوَاللّٰهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيْدُ

Wahai manusia! Kamulah yang memerlukan Allah; dan Allah Dialah Yang Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu), Maha Terpuji.

اِنْ يَّشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيْدٍۚ

Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu dan mendatangkan makhluk yang baru (untuk menggantikan kamu).

Demikianlah cara meyakini sifat Al-Qiyamu binafsihi Allah swt., Yakni Allah swt. itu sangat mustahil membutuhkan kepada selainNya. Karena dialah yang Maha Kaya atas segalanya. Justru semua makhlukNyalah yang membutuhkanNya. Membutuhkan untuk dihidupkan, diberi rezeki, diberi kekuatan untuk hidup, dan selamat dari marabahaya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here