Belajar Tauhid; Cara Meyakini Sifat Allah Al-Mukhalafatu lil Hawaditsi

3
8144

BincangSyariah.Com – Al-Mukhalafatu lil hawaditsi/berbeda dengan makhluk adalah sifat yang keempat dari dua puluh sifat wajib Allah swt. Lalu bagaimana cara meyakini sifat Al-Mukhalafatu lil hawaditsi itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman atau meyakini sifat Al-Mukhalafatu lil hawaditsi Allah swt. adalah sebagai berikut.

اَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ لَايُشَابِهُهُ شَيْئٌ. لاَ فِيْ ذَاتِهِ وَلاَ فِيْ صِفَاتِهِ وَلاَ فِيْ اَفْعَالِهِ.

Yakni kita meyakini bahwa sungguh sesuatu apapun tidak ada yang menyerupai Allah, baik di dalam dzatNya, sifat-sifatNya, maupun perbuatan-perbuatanNya.

Berdasarkan keterangan Syekh Thahir tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa Allah swt. itu wajib mempunyai sifat Al-Mukhalafatu lil hawaditsi atau berbeda dengan segala sesuatu yang baru (makhluk). Tidak ada yang bisa menyamai Allah swt. baik dari segi dzat (diri) Nya, sifat-sifatNya, maupun perbuatan atau pekerjaan-pekerjaan Allah swt.

Terkait hal ini, di dalam surah Al-Ikhlas ayat 1-4 difirmankan

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Dengan demikian, ayat-ayat tersebut menjadi bukti bahwa Allah swt. itu tidak sama dan tidak akan sama dengan makhlukNya. Allah swt. tidak punya anak, Allah swt. tidak punya ibu dan bapak serta nenek moyang seperti makhlukNya. Dan segala sesuatu tidak ada yang bisa menyetaraiNya. Karena Allah swt. memiliki sifat Al-Mukhalafatu lil Hawaditsi. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Empat Hal yang Ditakuti Rasulullah terhadap Umatnya

3 KOMENTAR

  1. Mohon penjelasan apakah sifat 20 ini ada penjelasan dari hadits Nabi Sholallahualaihi wasallam seperti sifat 99 yang di jelaskan oleh hadits Nabi Sholallahualaihi wasallam,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here