Belajar Tauhid; Cara Meyakini bahwa Sifat-sifat Allah itu Berbeda dengan MakhlukNya

0
3718

BincangSyariah.Com – Sifat wajib Allah Swt. yang keempat adalah Al-Mukhalafatu lil Hawaditsi, yakni berbeda dengan makhlukNya baik zatNya, sifat-sifatNya, maupun perbuatan-perbuatanNya. Lalu bagaimana cara kita meyakini bahwa sifat-sifat Allah Swt. itu berbeda dengan makhlukNya?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara meyakini sifat-sifat Allah Swt. itu berbeda dengan makhlukNya adalah sebagai berikut.

ان نعتقد ان علم الله تعالى لايشابه علمنا وان قدرته لاتشابه قدرتنا وان ارادته لاتشابه ارادتنا وان حياته لاتشابه حياتنا وان سمعه لايشابه سمعنا وان بصره لايشابه بصرنا وان كلامه لايشابه كلامنا

Kita meyakini bahwa ilmu Allah ta’ala itu tidak sama dengan ilmu kita, kuasaNya itu tidak sama dengan kuasa kita, kehendakNya itu tidak sama dengan kehendak kita, hidupNya itu tidak sama dengan hidup kita, pendengaranNya itu tidak sama dengan pendengaran kita, penglihatanNya itu tidak sama dengan penglihatan kita, dan bicaraNya tidak sama dengan bicara kita.

Dengan demikian, maka semua sifat-sifat Allah Swt. baik kehendakNya, kuasaNya, hidupNya, pengetahuan/ilmuNya, pendengaranNya, penglihatanNya, dan pembicaraanNya tidak sama dengan makhlukNya. Karena hal itu semua adalah mustahil bagiNya. Jadi, Allah Swt. juga mendengar, tapi tidak sama dengan makhlukNya yang juga mendengar, Allah Swt. juga melihat, tapi tidak sama dengan makhlukNya yang juga melihat, begitu seterusnya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Fenomena Komersialisasi Umrah di Bulan Ramadhan Menurut Kyai Ali Musthafa Yaqub

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here