Belajar Tauhid; Cara Meyakini bahwa Zat Allah Berbeda dengan MakhlukNya

1
7878

BincangSyariah.Com – Telah diketahui bahwa sifat wajib Allah Swt. yang keempat adalah Al-Mukhalafatu lil Hawaditsi, yakni berbeda dengan makhlukNya baik ZatNya, sifat-sifatNya maupun perbuatan-perbuatanNya. Lalu bagaimana cara kita meyakini bahwa zat Allah Swt. itu berbeda dengan makhlukNya?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara meyakini bahwa zat Allah Swt. itu berbeda dengan makhlukNya adalah sebagai berikut.

هو ان نعتقد ان ذات الله سبحانه وتعالى لاتشابه شيئا من المخلوقات بوجه من الوجوه، فكل ماتراه أو يخطر ببالك فالله ليس كذلك

Yakni kita meyakini bahwa zat Allah swt. itu tidak sama dengan makhluk-makhlukNya dari segi apapun. Maka apapun yang kalian lihat tentangNya atau terlintas di pikiran kalian tentangNya, ketahuilah Allah tidak seperti itu. Di dalam Al-Qur’an difirmankan

لَيْسَ كَمِثْلِهٖ شَيْءٌ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat.  (Q.S. Asy-Syura: 11)

Dengan demikian, maka Zat Allah Swt. itu tidak sama sekali dengan makhluk-makhlukNya, bahkan kita tidak akan mampu membayangkannya dan memikirkannya, karena semua yang terlintas di pikiran kita, Allah Swt. sama sekali tidak seperti itu. Jika Allah Swt. seperti apa yang kita pikirkan, maka kita sama saja menyamakan Allah Swt. dengan selainNya. Padahal hal itu sangat mustahil bagiNya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Haramkah Sayuran yang Dipupuk Pakai Kotoran Babi atau Anjing?

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

    Mohon dibantu disampaikan kepada pembaca cara terbaik ketika menghadapi kemungkaran/ kebathilan yg dilakukan penguasa/ pemerintah. Apalagi suatu pemerintahan yg memang sangat me rugikan umat muslim pada umumnya dan kaum miskin.

    Dan mohon jgn hanya mengkutip sebagian dalil yg menyenangkan sebagian pihak.

    Wallahu’alam

    Wslm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here