Belajar Tauhid; Cara Kita Meyakini Sifat Iradah Allah swt.

2
270

BincangSyariah.Com – Al-Iradah atau berkehendak adalah salah satu sifat dari dua puluh sifat wajib Allah swt. Lalu bagaimana cara kita meyakini sifat iradah Allah swt. itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman atau meyakini iradah Allah swt. adalah sebagai berikut.

هو ان نعتقد ان الله تعالى موصوف بالارادة وانه مريد لايقع شيئ الا بارادته. فأي شيئ أراده كان. وأي شيئ لم يرده فإنه لايمكن أن يكون.

Yakni kita meyakini bahwa Allah ta’ala disifati dengan sifat Iradah/berkehendak. Sungguh Dia adalah Maha Berkehendak, sesuatu apapun tidak akan terjadi kecuali dengan iradah/kehendakNya. Apapun yang Dia kehendaki, maka akan terjadi, dan apapun yang tidak Dia kehendaki, maka tidak akan mungkin terjadi.

Allah swt. berfirman:

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. (Q.S. Yasin: 82)

Dengan demikian, maka cara kita meyakini sifat Iradah Allah swt. adalah dengan meyakini bahwa segala sesuatu apapun itu adalah atas kehendakNya. Sehingga, kita tidak patut sombong sama sekali atas segala yang telah kita dapatkan, baik kekayaan, kepintaran, maupun kekuasaan, karena semua itu adalah mutlak atas kehendak Allah swt. Selain itu, kita pun tidak patut menyalahkan keadaan, baik bencana, kemiskinan, maupun apapun yang terjadi kepada diri kita, karena semua itu adalah kehendak Allah swt. yang dikirimkan untuk menguji kesabaran kita. Maka, yang harus kita lakukan adalah selalu bersyukur dan berhusnudzan/berbaik sangka atas segala kehendakNya yang diberikan kepada kita. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here