Belajar Tauhid: Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

0
1974

BincangSyariah.Com – Beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. adalah salah satu rukun iman yang ada enam. Lalu bagaimana cara kita beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. tersebut? Dan apa saja kitab-kitab Allah Swt. yang harus kita imani?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. adalah sebagai berikut.

اعتقد ان لله تعالى كتبا أنزلها على أنبيائه، وبين فيها أمره ونهيه ووعده ووعيده. وهي كلام الله تعالى حقيقة بدت منه بلا كيفية قولا وانزلها وحيا. من تلك الكتب: التوراة والانجيل والزبور والقران.

Saya percaya bahwa Allah Swt. memiliki kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabiNya. Dan Allah Swt. menjelaskan di dalamnya tentang perintahNya, laranganNya, janjiNya, dan ancamanNya. Sedangkan kitab-kitab Allah Swt. itu adalah kalam Allah Swt. yang benar-benar datang dariNya tidak berbentuk ucapan (sebagaimana manusia mengucapkan), dan Dia menurunkannya sebagai wahyu. Di antara kitab-kitab itu adalah kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur’an.

Allah Swt. berfirman:

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ

Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil, (Q.S. Ali Imran/3: 3)

اِنَّآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ كَمَآ اَوْحَيْنَآ اِلٰى نُوْحٍ وَّالنَّبِيّٖنَ مِنْۢ بَعْدِهٖۚ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَعِيْسٰى وَاَيُّوْبَ وَيُوْنُسَ وَهٰرُوْنَ وَسُلَيْمٰنَ ۚوَاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

Sesungguhnya Kami mewahyukan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi setelahnya, dan Kami telah mewahyukan (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya; Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami telah memberikan kitab Zabur kepada Dawud. (Q.S. An-Nisa’/4: 163)

Baca Juga :  Hukum Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Alat Mencari Duniawi

Demikianlah cara beriman kepada kitab-kitab Allah Swt, yakni kita meyakini bahwa Allah Swt. memiliki kitab-kitab yang diwahyukan kepada nabi-nabiNya yang berisikan tentang semua ajaran-ajaranNya baik meliputi perintah, larangan, janji, maupun ancamanNya. Syekh Thahir di atas menyebutkan bahwa di antara kitab-kitab Allah Swt. ada empat, artinya ada kitab-kitab lain yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada nabi-nabi lain seperti Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. namun berupa shuhuf atau lembaran-lembaran. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here