Belajar Tauhid; Berapakah Jumlah Para Nabi itu?

0
5155

BincangSyariah.Com. – Berapakah jumlah para Nabi itu? Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah menjelaskan sebagai berikut.

لا يعلم عددهم على اليقين. والمذكور أسماؤهم فى الكتاب العزيز خمسة وعشرون وهم آدم، ادريس، نوح، هود، صالح، إبراهيم، لوط، إسماعيل، إسحاق، يعقوب، يوسف، ايوب، شعيب، موسى، هارون، ذو الكفل، داود، سليمان، إلياس، إليسع، يونس، زكرياء، يحيى، عيسى، محمد عليهم الصلاة والسلام، وهم رسل أيضا.

Jumlah para Nabi itu tidak diketahui secara pasti. Namun, nama-nama para Nabi yang disebutkan di dalam Kitab yang mulia (Al-Qur’an) itu ada dua puluh lima. Mereka adalah Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Dzul Kifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, Yunus, Zakariya, Yahya, Isa, dan Muhammad alaihimus shalatu was salam. Mereka semua juga termasuk para Rasul/ Utusan Allah swt.

Dengan demikian, maka pada hakikatnya keseluruhan para Nabi itu tidak dapat dipastikan jumlahnya, sebagaimana firman Allah swt.

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنٰهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۗوَكَلَّمَ اللّٰهُ مُوْسٰى تَكْلِيْمًاۚ

Dan ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya dan ada beberapa rasul (lain) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu. Dan kepada Musa, Allah berfirman langsung. (Q.S. An-Nisa’/4: 164).

Dalam ayat tersebut, Allah swt. telah menegaskan bahwa hanya sebagian saja utusannya yang diceritakan kisahnya di dalam Al-Qur’an yang ada dua puluh lima sebagaimana tersebut di atas. Sementara utusan-utusan Allah swt. yang lain tidak dikisahkan di dalam Al-Qur’an.

Hanya saja di sejumlah riwayat hadis seperti riwayat Imam Ibnu Hibban dari Abi Dzar disebutkan bahwa jumlah para Nabi ad 124.000, sedangkan jumlah para rasul ada 313. Bahkan ada yang mengatakan bahwa jumlah para Nabi tersebut seperti jumlah seluruh sahabat Nabi saw., sedangkan jumlah para rasul tersebut seperti jumlah sahabat yang mengikuti perang Badar. Ada pula riwayat yang menyebutkan jumlah Nabi ada 800.000.

Baca Juga :  Benarkah Cobaan atau Musibah sebagai Bukti Cinta Allah pada Hamba-Nya?

Namun, riwayat-riwayat tentang kepastian jumlah para Nabi dan Rasul tersebut masih diperdebatkan keshahihannya. Sehingga, hal yang paling baik adalah memasrahkan kepada Allah swt. yang paling tahu pastinya. Sementara itu, hal yang wajib bagi setiap muslim adalah mengimani semua para Nabi dan Rasul baik yang telah disebutkan secara jelas oleh Allah swt. maupun yang tidak disebutkan. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here