Belajar Tauhid; Begini Cara Meyakini Sifat Baqa’ Allah Swt

0
854

BincangSyariah.Com – Baqa’/kekal adalah sifat wajib yang ketiga dari dua puluh sifat wajib Allah Swt. Lalu bagaimana cara kita meyakini sifat baqa’ Allah Swt. itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa cara beriman atau meyakini sifat baqa’ Allah Swt. adalah sebagai berikut.

ان نعتقد أنّ الله سبحانه وتعالى باق وأن بقائه ليس له نهاية وأنه لايزول اصلا ولايلحقه العدم في وقت من الأوقات

Kita meyakini bahwa Allah Swt. adalah kekal, kekalnya Allah tidak ada akhirnya, Dia pasti selalu ada, dan dia tidak disertai (didahului) tidak ada di suatu waktu dari waktu-waktu yang ada.

Berdasarkan keterangan Syekh Thahir tersebut maka dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Kita wajib meyakini bahwa Allah Swt. memiliki sifat baqa’, tetap, atau kekal.
  2. Kekalnya Allah Swt. itu tidak ada akhirnya. Berbeda dengan makhlukNya yang pasti mati. Hewan bisa mati, manusia bisa mati, tumbuh-tumbuhan bisa layu dan mati, serta benda-benda mati bisa hancur dan rusak berkeping-keping. Sementara Allah Swt. tidak mungkin hancur dan mati. Hal itu mustahil bagiNya.
  3. Allah Swt. selalu ada, karena Dia memiliki sifat baqa’ yang tidak akan mati. Berbeda dengan makhlukNya yang tidak selamanya ada. Semuanya akan hancur dan mati pada masanya.
  4. Dan wujudnya Allah Swt. tidak didahului dengan tidak ada. Berbeda dengan makhlukNya yang adanya didahului dengan ketidakadaaan menjadi ada.

Dengan demikian, maka Allah Swt. wajib memiliki sifat baqa’ yang kekal selamanya. Tidak mungkin mati dan selamanya pasti ada. Oleh karena itu, Allah Swt. Maha Akhir. sebagaimana temaktub dalam Al-Qur’an

  هُوَ الْاَوَّلُ وَالْاٰخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Baca Juga :  Belajar Tauhid; Cara Meyakini Sifat Allah Al-Mukhalafatu lil Hawaditsi

Dialah Yang Awal, Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Hadid/57: 3). Wa Allahu A’lam bis Shawab.

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here