Belajar Tauhid; Apakah Sifat Wajib Bagi Para Nabi itu?

0
539

BincangSyariah.Com – Allah Swt. telah mengutus para nabi untuk membimbing manusia agar terus menjalankan perintah-perintahNya di muka bumi ini. Oleh sebab itu, sebagai role mode bagi manusia, khususnya kaumnya, maka mereka pun dibekali sifat-sifat yang wajib melekat dalam diri mereka. Lalu apakah sifat wajib bagi para nabi itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah telah menjelaskan sebagai berikut.

يجب للأنبياء عليهم الصلاة والسلام أربع صفات وهي: الصدق والأمانة والتبليغ والفطانة.

Wajib bagi para nabi alaihimus shalatu was salam memiliki empat sifat, yakni as-shidqu (jujur), al-amanah (dapat dipercaya), at-tabligh (menyampaikan), dan al-fathanah (cerdas).

Adapun makna as-shidqu (jujur), yaitu mereka menyampaikan informasi yang sesuai dengan kenyataan dan keadaan sesuatu yang disampaikan. Jadi, tidak pernah ada unsur kebohongan yang timbul dari mereka sama sekali.

Sementara makna al-amanah (dapat dipercaya), yaitu mereka selalu terjaga dari hal yang menyalahi kebenaran baik lahir maupun batinnya.

Sedangkan makna at-tabligh (menyampaikan), yaitu mereka selalu menyampaikan kepada manusia semua apa yang diperintahkan Allah Swt. dengan penjelasan yang terbaik, dan mereka tidak pernah menyembunyikannya. Allah Swt. berfirman:

الَّذِيْنَ يُبَلِّغُوْنَ رِسٰلٰتِ اللّٰهِ وَيَخْشَوْنَهٗ وَلَا يَخْشَوْنَ اَحَدًا اِلَّا اللّٰهَ ۗوَكَفٰى بِاللّٰهِ حَسِيْبًا

(Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan tidak merasa takut kepada siapa pun selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan. (Q.S. Al-Ahzab: 39)

Adapun makna al-fathanah (cerdas), yaitu mereka adalah makhluk yang paling sempurna dalam hal kecerdasan dan pemahamannya.

Demikianlah sifat wajib bagi para nabi, yakni jujur, dapat dipercaya, menyampaikan, dan cerdas. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Doa Mohon Perlindungan dari Gangguan Setan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here