Belajar Tauhid; Apakah Sifat Mustahil Bagi Para Nabi itu?

0
426

BincangSyariah.Com – Allah Swt. telah mengutus para nabi untuk membimbing manusia agar terus menjalankan perintah-perintahNya di muka bumi ini. Oleh sebab itu, sebagai role mode bagi manusia, khususnya kaumnya, maka mereka pun mustahil memiliki sifat-sifat yang tidak pantas melekat dalam diri mereka. Lalu apakah sifat mustahil bagi para nabi itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah telah menjelaskan sebagai berikut.

يستحيل على الأنبياء عليهم الصلاة والسلام أربع صفات وهي الكذب والعصيان والكتمان والغفلة.

Mustahil bagi para nabi alaihis shalatu was salam memiliki empat sifat, yakni al-kidzb (bohong), al-‘ishyan (maksiat), al-kitman (menyembunyikan risalah), dan al-ghaflah (pelupa/lalai).

Lebih lanjut, Syekh Thahir juga menjelaskan bahwa para nabi pun juga mustahil memiliki sifat-sifat cacat/aib yang diperhitungkan oleh manusia, meskipun hal itu tidak termasuk dosa, seperti buruknya hasil kerjaan, berasal dari keturunan yang tidak baik, atau menyalahi hikmahnya mereka diutus sebagai rasul seperti mengalami ketulian atau kebutaan.

Dengan demikian maka para nabi itu mustahil memiliki sifat-sifat kebalikan dari sifat wajib baginya, yakni mereka wajib memiliki sifat jujur, maka mustahil memiliki sifat bohong. Mereka juga wajib memiliki sifat amanah/dapat dipercaya, maka mereka mustahil melanggar janji atau melakukan kemaksiatan yang lainnya. Mereka pun wajib menyampaikan risalah yang telah diberikan Allah Swt. kepadanya, maka mereka mustahil menyembunyikan atau tidak menyampaikannya. Dan mereka juga wajib memiliki sifat cerdas/fathanah, sehingga mereka mustahil/tidak mungkin memiliki sifat bodoh, pelupa, atau lalai. Hal ini disebabkan karena bagaimana mereka dapat memimpin suatu kaum atau umat jika tidak memiliki sifat pandai dan cerdas. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Apa Hukum Mengambil Keuntungan Dua Kali Lipat dalam Islam?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here