Banyak Bersyukur Merupakan Kunci Sukses

0
542

BincangSyariah.Com – Bersyukur adalah salah satu cara seorang hamba berterima kasih kepada sang pencipta. Rasa syukur tersebut tentu harus kita ucapkan dan kita balas dengan beramal saleh. Sehingga semakin banyak kita bersyukur, maka semakin banyak pula pundi-pundi amal saleh yang kita dapatkan.

Ibn  Kasir mengisahkan sebuah cerita yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bahwa Rasulullah pernah memberi pengemis hanya sebutir kurma, namun pengemis tersebut menolaknya dengan alasan hanya sebutir kurma. Tak lama kemudian datanglah pengemis lain dan Rasulullah juga memberinya sebutir kurma. Namun pengemis ini mengucapkan terimakasih dan rasa syukur sebab mendapatkan pemberian sebutir kurma dari Rasulullah. Melihat sikap mulia pengemis tersebut, lantas Rasulullah menambahkan dengan 40 Dirham kepadanya.

Implementasi seperti di atas memberikan pertanda bahwa bersyukur itu memang mengundang kebaikan-kebaikan lainnya. Senada dengan firman Allah dalam QS Ibrahima ayat 7:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah benar kita bisa menjadi lebih sukses karena banyak bersyukur? Jawabannya adalah iya. Banyak bersyukur itu membuat jalan hdup yang dihadapi menjadi lebih mudah. Sebab ia percaya bahwa setiap kesempatan adalah peluang emas menuju kesuksesannya, entah baik atau buruk kondisi kesempatanya. Ia  bisa mengambil respon yang positif atas setiap kejadian yang ada dan tentu berucap syukur kepada-Nya. Bukan mengeluh dan menyesali diri atas kondisi yang hadir dengan keadaan ayng tak diinginkan.

Sebab itulah orang yang banyak bersyukur adalah potret insan optimis dan terus  dekat lajur kesuksesan. Setiap urusan orang yang bersyukur adalah keabaikan, ia tahu bagaimana berharganya sebuah nilai sebauah kebaikan meskipun sekecil atom. Itulah yang menyebabkan ia terus berhasil pada pundi-pundi kebaikan lainnya.  Dari Abu Yahya Suhaib bin Sinan Radhiyallahu anhu ia berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga :  Risalah Terbuka untuk Mualaf yang Suka Menjelek-Jelekkan Agama Lamanya

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِإِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan urusan seorang Mukmin. Sungguh semua urusannya adalah baik, dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin, yaitu jika ia mendapatkan kegembiraan ia bersyukur dan itu suatu kebaikan baginya. Dan jika ia mendapat kesusahan, ia bersabar dan itu pun suatu kebaikan baginya (HR  Muslim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here