Bangkai Hewan yang Halal Dimakan

1
15681

BincangSyariah.com – Pada prinsipnya, semua bangkai hewan baik yang halal dimakan atau haram, hukumnya haram dimakan, kecuali ada dalil yang menghalalkannya. Dalam Alquran surah Al-Maidah, Allah dengan tegas mengharamkan makan bangkai, termasuk bangkai hewan.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالْدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللّهِ بِهِ

“Diharamkan bagi kalian (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang di sembelih atas nama selain Allah.”

Ayat ini berisi larangan memakan semua jenis bangkai hewan. Selain itu, bangkai hewan bukan hanya haram dimakan, namun juga dihukumi najis. Kerena itu, jika salah satu anggota tubuh kita kena bangkai hewan, maka wajib disucikan dengan air.

Meski bangkai hewan haram dimakan dan hukumi najis, namun terdapat dua bangkai hewan yang boleh dimakan dan dihukumi suci, yaitu bangkai ikan dan belalang. Kedua hewan ini halal dimakan meski sudah menjadi bangkai, baik mati karena mati sendiri, kena racun obat, dipukul atau lainnya.

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Al-Baihaqi, Nabi saw. bersabda;

أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَال

“Telah dihalalkan bagi kami dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Dua darah itu adalah hati dan limpa.”

Dalam hadis lain riwayat Imam Abu Daud dan Tirmidzi, Nabi saw. bersabda;

هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِل مَيْتَتُهُ

“Laut itu suci airnya dan halal bangkainya.”

Semua jenis belalang dan ikan yang hidup di air, bangkainya boleh dimakan tanpa harus disembelih. Adapun hewan yang bisa hidup di air dan di darat, seperti bebek, angsa dan sejenisnya, maka hewan tersebut boleh dimakan jika disembelih. Adapun bangkainya haram dimakan dan dihukumi najis.

Baca Juga :  Apakah Anjing dan Babi Laut Haram Dimakan?

Dalam kitab Raudhah al-Thalibin, Imam Nawawi berkata;

الضرب الثاني : ما يعيش في الماء وفي البر أيضا ، فمنه طير الماء ، كالبط والأوز ونحوهما ، وهي حلال كما سبق ، ولا تحل ميتتها قطعا

“Jenis kedua adalah hewan yang hidup di air dan juga di darat. Di antaranya adalah burung air seperti bebek, angsa dan sejenisnya. Maka halal dimakan seperti di awal, namun bangkainya tidak halal.”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here