Balasan Bagi yang Berniat Melakukan Kebaikan

0
639

BincangSyariah.Com – Kebaikan dan keburukan adalah keniscayaan di dunia ini. Oleh karena itu, selayaknya manusia dapat memilih melakukan kebaikan dalam mengisi kehidupannya. Banyak sekali firman-firman Allah swt. tentang balasan bagi yang mau berbuat baik. Begitu pula dengan sabda-sabda Nabi Muhammad saw. Lalu bagaimana jika seseorang hanya sebatas merencanakan kebaikan, apakah ia juga akan mendapatkan balasan atas niat baiknya?

Imam Muslim di dalam kitab shahihnya telah membahas hal ini. Beliau memberikan judul babu idza hammal abdu bi hasanatin atau bab jika seorang hamba berniat melakukan satu kebaikan. Beliau memaparkan hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. sebagai berikut.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِذَا هَمَّ عَبْدِي بِسَيِّئَةٍ فَلاَ تَكْتُبُوهَا عَلَيْهِ فَإِنْ عَمِلَهَا فَاكْتُبُوهَا سَيِّئَةً وَإِذَا هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا فَاكْتُبُوهَا حَسَنَةً فَإِنْ عَمِلَهَا فَاكْتُبُوهَا عَشْرًا. رواه مسلم.

Rasulullah saw. bersabda, Allah azza wajalla berfirman, “Jika hambaKu berniat melakukan satu kejelekan, maka janganlah kalian catat atas niat jelek itu, jika ia melakukan niat jeleknya maka tulislah kejelekannya satu kejelekan. Dan jika ia berniat melakukan satu kebaikan lalu ia tidak melakukanya, maka tulislah untuknya satu kebaikan, jika ia melakukannya, maka tulislah untuknya sepuluh kebaikan. (HR. Muslim).

Berdasarkan hadis tersebut, menggambarkan bahwa betapa Allah swt. sangat baik sekali kepada hambaNya. Allah swt. tidak akan menghitung kejelekan yang sudah direncanakan hambaNya jika ia tidak sampai melakukannya. Dan kalau pun sampai ia lakukan, Allah swt. hanya menghitung satu kejelekan saja.

Dan betapa murahnya Allah swt. kepada hambaNya, Dia mau memberikan bonus atas kebaikan yang sudah diniatkan hambaNya meskipun belum dikerjakan. Dia pun akan memberikan bonus lebih sepuluh kali lipat jika hambaNya mampu melaksanakan satu kebaikan yang telah direncanakannya.

Baca Juga :  Semangat Islam adalah Menghapus Perbudakan

Oleh karena itu, tugas kita sebagai hambaNya adalah selalu berpikir positif dan tetap merencanakan kebaikan-kebaikan. Allah swt. sudah menjamin balasannya kepada kita yang mau merencanakan kebaikan. Tentunya tidak hanya sekedar rencana tanpa adanya niat dan tekad kuat untuk melaksanakannya. Dan ketika niat dan tekad kuat tersebut mampu kita realisasikan, maka Allah swt. pun akan memberika bonus sepuluh kali lipat atas prestasi kebaikan yang telah kita wujudkan. Allah swt. sudah sangat baik kepada kita, lantas apa alasan kita untuk tidak selalu melakukan kebaikan?

Demikianlah balasan bagi yang berniat melakukan kebaikan. Allah swt. akan mengganjarnya dengan satu poin kebaikan. Bahkan Allah swt. akan melipat gandakan sepuluh kali lipat jika niat itu dilaksanakan. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here