Baju Terbuat dari Kulit Bangkai, Boleh Digunakan Salat?

0
202

BincangSyariah.com – Salah satu syarat sah salat adalah menutup aurat dan suci dari najis dan hadas. Salat tidak sah jika ada bagian aurat yang terbuka atau pakaian yang digunakan najis. Salah satu benda yang dinilai najis adalah bangkai hewan dan seluruh bagian tubuhnya. Karena itu, jika menggunakan baju dari kulit bangkai saat salat, maka salatnya tidak sah.

Baju dari kulit bangkai hewan yang tidak boleh digunakan untuk salat jika sebelum dibuat baju tidak disamak. Adapun jika kulit bangkai hewan tersebut disamak sebelum dibuat baju, maka kulit tersebut menjadi suci. Karena itu, baju yang terbuat dari kulit bangkai yang sudah disamak boleh digunakan untuk salat dan lain sebagainya.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Ibnu Hibban dari Salamah bin Muhabbiq, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

دِبَاغُ جُلُودِ الْمَيْتَةِ طُهُورُهاَ

“Samak kulit bangkai dapat menyucikannya.”

Berdasarkan hadis ini, Syaikh Abu Bakar dalam kitabnya Kifayatul Akhyar mengatakan, jika kulit bangkai sudah disamak, maka bagian luar dan dalamnya menjadi suci. Karena itu, boleh digunakan untuk alas salat atau dibuat baju dan lainnya. Beliau berkata;

ثم إذا دبغ الجلد طهر ظاهره قطعاً وكذا باطنه على المشهور الجديد فيصلي عليه وفيه، ويستعمل في الأشياء اليابسة والرطبة ويجوز بيعه وهبته والوصية به، وهل يجوز أكله من مأكول اللحم؟ رجح الرافعي الجواز ورجح النووي التحريم

“Kemudian jika kulit bangkai sudah disamak, maka bagian luarnya pasti suci. Begitu juga dengan bagian dalamnya. Karena itu, boleh salat di atasnya dan di dalamnya. Dan boleh digunakan untuk sesuatu yang kering dan basah. Dan boleh menjualnya, menghibahkan dan mewasiatkan. Apakah boleh memakannya dari hewan yang halal dagingnya? Imam Rafi’i mengunggulkan boleh, sementara Imam Nawawi mengunggulkan haram.”

Baca Juga :  Mengenal Wali Hakim dalam Pernikahan

Dengan demikian, baju yang terbuat dari kulit bangkai hewan yang belum disamak tidak sah digunakan untuk salat. Namun jika sudah disamak, maka hukumnya sah digunakan salat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here