Bagaimana Arti Belajar dalam Islam?

0
36

BincangSyariah.Com – Bagaimana sebenarnya arti belajar dalam Islam? Apakah ada kaitannya dengan keimanan dan hak serta kewajiban seorang Muslim kepada Allah Swt.?

Belajar adalah kunci paling urgen dalam setiap usaha pendidikan. Tanpa belajar, proses pendidikan tidak akan pernah terwujud.

Perubahan dan kemampuan untuk berubah adalah batasan dan makna yang ada dalam belajar. Manusia adalah makhluk yang sangat jauh berbeda dengan makhluk lain di dunia ini. Maka dari itu, manusia bisa lebih jauh berbeda apabila ia selalu berusaha untuk belajar.

Belajar membuat manusia mampu secara bebas mengeksplorasi, memilih dan juga menetapkan setiap keputusan penting dalam hidup. Namun, perkembangan dalam diri manusia sangat bergantung pada proses belajar yang dilakukannya.

Semenjak manusia lahir, manusia sebenarnya sudah mempunyai kecakapan, misalnya dengan mampu mengamati lingkungan di sekelilingnya. Hal tersebut adalah contoh bahwa manusia berpotensi memahami sesuatu dengan belajar.

Kecakapan manusia yang sudah ada sejak lahir tak akan bisa terwujud dengan baik jika tak ada upaya belajar. Apabila tidak mau belajar, manusia, terutama seorang Muslim tidak akan sampai pada perkembangan dan peningkatan hidup.

Perkembangan manusia akan semakin baik dan berkualitas apabila ia belajar dan menekuni apa yang ia pelajari. Hal tersbeut akan menentukan masa depan peradaban manusia.

Muhibbin Syah mencatat dalam Psikologi Belajar (2006) bahwa apabila kemampuannya belajar manusia dikurangi setengahnya saja, maka peradaban saat ini tidak berguna untuk generasi mendatang.

Proses belajar memang memiliki arti penting dalam mempertahankan kehidupan manusia. Arti belajar dalam Islam adalah kewajiban bagi setiap individu yang beriman untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kehidupan mereka tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Baca Juga :  Kesulitan itu Menguatkan, Bersyukurlah

Hal tersebut tercantum dalam Q.S. Al-Mujadilah Ayat 11 sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

ayyuhallażīna āmanūā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa’illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-‘ilma darajāt, wallāhu bimā ta’malụna khabīr

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Belajar adalah suatu proses perubahan. Perubahan yang dimaksud ada dalam tingkah laku yang merupakan hasil dari interaksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam proses pembelajaran, pasti akan selalu ada proses perubahan-perubahan mental dalam diri seseorang.

Belajar juga merupakan satu langkah positif yang mesti ditempuh manusia untuk mengembangkan potensi dan kemampuan. Islam sebenarnya sudah memiliki konsepsi-konsepsi tentang peningkatan kemampuan dan potensi manusia. Hal tersebut telah termaktub dalam al- Quran dan al-Hadits. (Baca: Gus Mus: Jangan Pernah Berhenti Belajar!)

Proses belajar yang sarat makna akan membawa seseorang pada pengalaman belajar yang mengesankan. Pengalaman yang diperoleh seseorang tersebut akan semakin berkesan jika proses pembelajaran yang diperoleh adalah hasil dari pemahaman dan penemuannya sendiri.

Proses belajar dan mengajar sebenarnya telah terjadi sejak diciptakannya Nabi Adam As. sebagai manusia pertama di bumi. Hal inilah yang membuat mengapa arti belajar dalam Islam menjadi begitu penting.

Baca Juga :  Al-Quran Online Learning Jadi Solusi Mengaji Masa Kini

Dalam kehidupan manusia akan selalu penuh dengan kegiatan belajar yang dilakukan. Proses belajar tersebut akan menimbulkan suatu pengalaman hidup sebagai hasilnya. Begitulah arti belajar dalam islam.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here